Menkes RI: Kalau Target Vaksin Tercapai, Lebaran Kali Ini Kita Bisa Mudik

oleh
oleh -

JAKARTA – Pemerintah menggejot capaian vaksinasi dosis kedua hingga 70 persen dari populasi sebelum masa Lebaran Idul Fitri mendatang. Sehingga, masyarakat bisa menjalani Idul Fitri dengan tenang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, setelah tercapai target vaksinasi, masyarakat bisa merasakan lebaran yang berbeda dari sebelumnya. Artinya, tidak akan ada pembatasan secara ketat bagi mobilitas masyarakat, dengan demikian bisa mudik.

Baca Juga  DPR Kompak Protes Merah Putih Terbalik di Buku SEA Games

“Sehingga mudah-mudahan kalau hasil nya baik, Pak Menko mengizinkan, lebaran kali ini kita bisa hadapi dengan berbeda dengan lebaran sebelumnya,” kata Menkes dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Minggu (27/2/2022).

“Dengan kondisi bahwa harus percepatan vaksinasi dosis kedua,” imbuh Menkes.

Informasi, untuk tongkat dosis pertama vaksinasi telah mencapai 190 juta orang, atau sekitar 70 persen. Sementara, suntikan dosis vaksin kedua bagi masyarakat ditarget mencapai 70 persen sebelum masa Lebaran yang akan jatuh pada Mei mendatang.

Baca Juga  Wujudkan Indonesia Hijau, Grup 1 Kopassus Gelar Penanaman Pohon Serentak

“Diharapkan dosis keduanya juga bisa cepet ngejar 70 persen tersebu. Kalau bisa sebelum lebaran akhir april kita sudah selesiakan suntik 2 dosis 70 persen,” terangnya.

Sebagai landasan kebijakannya nanti, pemerintah akan melakukan sero survei pada Maret 2022 ini. Dengan demikian, kebijakannya nanti akan sesuai dengan data.

Tadi saran dari bapak presiden kita akan lakukan sero survei Maret ini agar nanti april sebagai dasar ambil kebijakan sebelum lebaran,” katanya.

Baca Juga  Pemerintah Optimalkan Pontensi Daerah Guna Percepatan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan