Mau Tahu, Manfaat Gula Pasir Untuk Kecantikan?

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.COM – Tindak hanya digunakan untuk menambah rasa manis pada kuliner, gula pasir juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Mau tahu?

Membersihkan Noda Membandel Pada Tangan
Gula pasir bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda membandel yang menempel di kulitmu. Selain noda yang membandel, gula pasir juga akan berperan sebagai scrub yang membersihkan tanganmu dari kotoran membandel lain, seperti minyak yang lengket.
Sementara untuk membersihkan noda membandel yang berwana seperti noda kunyit atau pewarna kain, juga bisa memanfaatkan gula pasir ini. Caranya, campurkan gula dan minyak zaitun lalu gunakan seperti saat cuci tangan biasanya dan noda tersebut akan segera hilang dari tanganmu.

Mengangkat Komedo
Gula pasir yang dimanfaatkan untuk kecantikan pada dasarnya bekerja sebagai scrub alami. Maka tak heran jika bahan makanan yang satu ini juga bisa kamu jadikan pilihan alami untuk mengatasi masalah komedo yang membandel.

Komedo timbul akibat produksi minyak berlebih yang kemudian menyumbat pori-pori. Komedo biasanya muncul di area dagu, hidung, dan juga dahi. Komedo pun terbagi atas komedo putih dan komedo hitam. Akan tetapi, tenang saja, semuanya bisa kamu atasi dengan memanfaatkan gula pasir.

Baca Juga  Kepala Dinkes Kota Tangsel Tinjau Pelaksaan Vaksinasi di Living World Alam Sutera

Kamu bisa mengangkat komedo yang membandel menggunakan campuran gula dan garam. Kedua bahan tersebut berfungsi untuk mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran gula pasir dan air perasan lemon untuk menghilangkan komedo. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon sangat ampuh membunuh bakteri yang ada di sekitar daerah wajah yang berkomedo sehingga mencegahnya tumbuh menjadi jerawat.

Menghaluskan Tumit dan Melembabkan Kulit
Kulit permukaan tumit yang pecah-pecah selain mengganggu penampilan juga akan mengganggu kenyamananmu. Seringkali, saat berjalan dengan kondisi tumit yang pecah-pecah, kita akan merasakan sakit maupun kondisi yang tidak nyaman. Namun, tenang saja karena hal itu bisa kamu atasi dengan memanfaatkan gula pasir.

Untuk membuat tumit halus, kamu bisa mencampurkan adonan daging buah nanas yang sudah dilembutkan dengan madu dan juga gula pasir. Setelah semua bahan tercampur, oleskan pada tumit yang pecah-pecah dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu gosok dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air dingin.

Dengan menggunakan gula pasir sebagai scrub alami, kamu juga akan mendapatka kulit yang lembut dan bebas dari sel-sel kulit mati. Sebagai hasilnya, kulitmu akan lebih lembab dan halus secara alami tanpa perlu perawatan mahal.

Baca Juga  Waspada Gejala Kelainan Tulang Belakang Pada Remaja

Waxing Alami
Memiliki rambut di tangan, kaki, dan ketiak kadang menjadi masalah untuk sebagian orang, terutama perempuan. Kehadiran rambut di tempat-tempat tersebut seringkali mengganggu penampilan mereka. Oleh karena itu, banyak orang-orang memilih untuk melakukan waxing.
Nah, waxing ini bisa kamu lakukan sendiri menggunakan bahan-bahan alami berupa campuran gula pasir dan lemon atau juga madu. Caranya adalah membuat campuran dari bahan-bahan tersebut dan memanaskannya hingga mengental.

Setelah dingin, kamu bisa mengoleskannya di daerah yang berambut. Kamu juga bisa meratakannya menggunaka kertas waxing. Setelah itu, lakukan proses waxing dengan mencabut kertas yang menutupi gel campuran gula dan air lemon tersebut.

Angkat Sel Kulit Mati
Tidak semua produk kecantikan aman diaplikasikan untuk kulit. Beberapa produk scrub bisa saja membuat kulitmu justru semakin kasar dan bersisik. Solusinya, gula pasir muncul sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah pengangkatan sel kulit matimu yang tak bisa diberikan oleh bahan scrub dari produk lainnya.

Kandungan asam glikolat dalam gula mampu menjaga kulit tetap halus meskipun kamu melakukan eksfoliasi pada kulit. Oleh karena itu, gula pasir menjadi bahan terbaik jika kamu ingin melakukan eksfoliasi.

Baca Juga  AIR PUTIH BAGI TUBUH

Caranya masih sama, yakni dengan mencampurkan gula pasir dan lemon kemudian mengaplikasikannya pada wajah. Setelah didiamkan beberapa saat, lakukan gerakan memutar dengan kedua tanganmu pada wajah untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kulit baru yang cerah dan tentunya tetap lembut.

Menghaluskan Bibir Sekaligus Memerahkannya
Bibir yang kusam dan kasar akan mengganggu penampilanmu. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan gula pasir. Bukan hanya menghaluskan bibir saja, gula pasirpun bisa memerahkan bibirmu secara alami, lho.

Untuk menghaluskan bibir, kamu hanya harus mengaplikasikan layaknya scrub biasa. Setelah itu, gosok perlahan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di bibir.

Sedangkan untuk memerahkan bibir, kamu harus mencampur gula pasir tersebut dengan beberapa bahan lainnya. Jika dicampur dengan madu dan diaplikasikan ke bibir secara rutin, kamu akan mendapatkan bibir merah alami hanya dalam satu minggu. Selain madu, kamu juga bisa mencampurkan gula pasir ini dengan bahan lain seperti minyak zaitun, lemon, minyak almond, atau juga buah bit. @WIRI

Sumber: wowkeren.com