Masyarakat Wajib Waspada, Gelombang Ketiga Covid-19 Diprediksi Terjadi Pada Desember Atau Awal Tahun 2022

oleh
oleh -
Masyarakat Wajib Waspada, Gelombang Ketiga Covid-19 Diprediksi Terjadi Pada Desember Atau Awal Tahun 2022

MAJALAHTERAS.COM – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Letjen TNI Ganip Warsito mewanti-wanti kemungkinan gelombang ketiga COVID-19 di akhir tahun. Terlebih saat libur natal dan tahun baru, mobilitas masyarakat dan warga kembali meningkat.

Senada dengan Ganip, pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman meyakini besar kemungkinan gelombang ketiga COVID-19 terjadi di Desember atau awal tahun 2022. Disebutnya, masa krisis varian Delta belum selesai di tengah evolusi varian yang membuat tingkat penularan kian tinggi.

Baca Juga  Semarak Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 H, Rutan Tangerang Gelar Perlombaan Bernuansa Islami

Namun, perkiraannya, jumlah kasus harian COVID-19 yang terinfeksi tidak akan setinggi gelombang sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyak warga yang sudah mendapat kekebalan dari vaksinasi maupun infeksi alami.

Jika dalam proyeksi lembaga AS (IHME) saat ini 29 persen dari populasi yang sudah terinfeksi COVID-19, Dicky menyebut angkanya mencapai 30 persen di akhir Desember. Jika diakumulasi, lebih dari 78 juta warga Indonesia yang sudah positif COVID-19.

Baca Juga  Indonesia Kenalkan Bank Sampah Berbasis Masyarakat Ke Kancah Internasional

Dicky meminta masyarakat dan pemerintah mewaspadai potensi meningkatnya angka kematian di wilayah dengan fasilitas kesehatan terbatas. Terlebih, cakupan vaksinasi masih dominan di Jawa Bali. (Dede).