Langkah Mendes PDTT dalam Upaya Percepatan Pemulihan Ekonomi di Level Desa

Majalahteras.com – Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) bersama Nyai Lilik Umi Nasriyah melaksanakan kunjungan kerja untuk meninjau Pertashop, yang merupakan kerjasama PT Pertamina dengan Bumdes Sukses Makmur Desa Jemirahan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Jumat (3/9/2021)

Dalam kunjungan ini, sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional di level desa yang dilaksanakan oleh Kemendes PDTT bersama Kementerian BUMN.

Baca Juga  Mendes PDTT Adakan Rapat Koordinasi untuk Membahas tentang Pengentasan Kemiskinan di 35 Kabupaten

Halim Iskandar menjelaskan bahwa Bumdes saat ini sedang diupayakan untuk menjadi agen Pertamina di tingkat desa.

Adanya kerjasama ini tidak boleh sampai mengganggu usaha yang telah dijalankan oleh masyarakat di desa. Hal ini sebagaimana prinsip tegas Bumdes sebagai upaya untuk kesejahteraan masyarakat di desa.

“Selalu saya tekankan unit usaha yang dikembangkan oleh Bumdes jangan mengganggu dan merugikan usaha-usaha yang sudah dijalankan oleh warga masyarakat,” papar Halim Iskandar.

Baca Juga  Mendes PDTT Minta Agar Jumlah Dana Desa Tidak Alami Penurunan

Pertashop di desa Jemirahan telah berjalan selama tiga bulan dengan pendapatan kotor per hari sebesar 1.800.000 dan pendapatan bersih per hari sebesar 170.000 dengan dua tenaga kerja.

Dalam kunjungannya ke Pertashop desa Jemirahan, Gus Menteri juga melayani pengisian BBM ke sejumlah warga. Hal yang sama juga dilaksanakan oleh Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Harlina Sulistyorini dan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali. (*/cr2)

Baca Juga  Mendes PDTT Ingatkan untuk Selalu Bersyukur Ditengah Kondisi Pandemi Covid-19

Sumber: kemendesa.go.id