Kompetisi Sains Nasional Jenjang SD Kecamatan Koroncong Tahun 20224

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Dinas Pendidikan kepemudaan dan olahraga (DISDIPORA) Kecamatan Keroncong menggelar Kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2024. Dihadiri oleh Korwil Disdikpora Pengawas SD Ketua K3S, Ketua PGRI, para Kepala Sekolah yang diikuti oleh seluruh murid Sekolah Dasar se-Kecamatan Koroncong, bertempat di SDN Pasirjaksa Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Rabu (31/01/2024)

Kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) sebagai upaya merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi, sekaligus merupakan wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran agar dapat mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Sehingga dalam menghadapi tantangan tersebut, muncul konsep pendidikan 5.0 sebagai solusi yang diharapkan dapat membawa perubahan yang besar dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan peluang dan tantangan, serta dapat menjawab tantangan era 5.0 sebagai konsep pendidikan yang berfokus pada pengembangan kompetensi yang relevan dengan dunia nyata, adaptabilitas dan kolaborasi.

Baca Juga  HUT PGRI Ke-74, Iskandar Zulkarnain: Kesejahteraan Guru Harus Diperjuangkan

Hj. Yuskiah, S.Pd, selaku Korwil Disdikpora Kecamatan Koroncong sekaligus ketua PGRI Kabupaten Pandeglang dalam sambutanya menyampaikan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara.

“Terima kasih kepada panitia yang sudah mampu mengimplementasikan literasi digital dalam pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tahun 2024 ini dilaksanakan  sebagai upaya pembaharuan agar menjadi motivas pada pendidikan khususnya  di Kecamatan Koroncong,” ungkapnya.

Sementara ditempat yang sama, Tatu Maesaroh, M.Pd, selaku ketua PSB Kecamatan Koroncong menyampaikan, kegiatan KSN tahun 2024, ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga  Tingkatkan Prestasi Siswa, Disdikpora Kecamatan Cadasari Gelar Lomba FLS2N 2023

“Dimana melalui kerjasama PSB dengan K3S sehingga kegitan KSN tingkat Sekolah Dasar dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi berbasis IT dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz,” katanya.

Adapun hasil pelaksanaan kegiatan yangi diperoleh dari kejuaraan bidang Matematika maupun IPA.

Bidang Matematika Juara 1; Naura Devira Puteri SDN Paniis, Juara 2; Neneng Nurul Mutaqimah SN, SDN Gerendong 2 Juara 3; Muhamad Sirojul Munir, SDN Pasirkarag 2 Juara Harapan 1; Nur’aini, SDN AwilegaJuara Harapan 2; Kahira Dafa Bastiar, SDN PasirjaksaJuara Harapan 3; Hilyatun Nupus, SDN Koroncong.

Bidang IPA Juara 1; Muhamad Noval Maulana, SDN Pasirjaksa, Juara 2; Ahmad Zidan Alvaro Saputera, SDN Bangkonol Juara 3; Zahira Puteri Alyana, SDN Tegalongok, Juara Harapan 1; Alfina Khairunnisa, SDN Karangsetra, Juara Harapan 2; Syakina Tunajopah Zahroh, SDN Pasirkarag 2 Juara Harapan 3; M Bilal Abdilah, SDN Paniis.

Baca Juga  Industri Harus Bisa Manfaatkan Hasil Riset Perguruan Tinggi

Supardi, SS, selaku Pengawas SD mengatakan, kompetisi semacam ini sangat penting untuk menambah pengalaman dan wawasan bagi para peserta didik yang belum menjadi juara jangan berkecil hati masih banyak lomba-lomba yang akan dilaksanakan, tetap optimis.

“Pesan saya bagi yang menjadi juara tetap dipertahankan prestasi kalian dan untuk para tenaga pendidik untuk terus membimbing dan memotivasi sehingga dapat bersaing dengan Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Pandeglang bahkan sampai ketingkat Provinsi Banten,” harapnya.@Juanda