Kegiatan OPSL Mampu Menggali Potensi Anak Didik

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Tahun Ajaran Baru 2022-2023 sudah dimulai, siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasireurih 2, Kecamatan Cisata antusias mengikuti Orientasi Pengenalan Lingkungan Sekolah (OPLS). Selama masa OPLS diisi dengan kegiatan perkenalan antara siswa dan guru di lingkungan sekolah.

Kepala SDN Pasireurih 2 Kecamatan Cisata, Mamat Rahmat mengatakan, kegiatan OPLS di sekolah ini di isi dengan hal yang positif dan bermanfaat bagi seluruh peserta didik baru. Salah satunya meningkatkan rasa mandiri siswa dengan membiasakan menulis dan membaca.

Baca Juga  MA Miftahul Ulum Distribusikan Bantuan Untuk Korban Banjir Lebak

“Kegiatan ini positif untuk membangun keakraban, baik guru dan murid. Para siswa juga sudah mulai melaksanakan menulis, dan membaca, agar terbiasa menulis sendiri, bisa karena biasa, tanpa didampingi orang tua, dan hanya didampingi guru,” katanya.

Rahmat juga menjelaskan, kegiatan OPLS tahun ini lebih kepada memberikan pemahaman siswa-siswi baru untuk menggali potensi yang dimiliki dalam pembelajar.

Baca Juga  Tumbuhkan Jiwa Seni Pada Anak, Ponpes Hidayatut Thalibin Gelar Lomba KSI 2019

“Kami pesankan pelajar mengenali potensi diri, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan dan fasilitas sekolah, menumbuhkan semangat serta tata cara belajar yang lebih efektif bagi siswa baru,” jelasnya.

Rahmat menambahkan, sekolahnya berkomitmen untuk meningkatkan siswa baru berprestasi. Sebab, prestasi yang diraih memberikan kemampuan bagi siswa untuk belajar dengan lebih tekun.

“Kami juga akan berupaya mengembangkan interaksi positif antar siswa, dan guru agar tumbuh perilaku positif peserta didik sehingga mereka berprestasi di bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga  UNSERA Gelar Dies Natalis ke-10

Sebanyak 86 Orang siswa baru diwajibkan untuk mengikuti OPLS. “Karena kegiatan ini sangat baik dan positif sebagai upaya untuk memberikan pemahaman serta edukasi terhadap seluruh siswa baru, sehingga nanti ke depannya dalam mengikuti mata pelajaran bisa lebih baik lagi,” harapnya.@Juanda