Ini Yang Dilakukan TPN Kemenpan RB Saat Menyambangi Lapas Pemuda Tangerang

TANGERANG- Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang merupakan salah satu dari 143 Satker yang di verifikasi langsung oleh TPN Kemenpan RB. Kali ini, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang disambangi Tim Penilai Nasional (TPN) Satuan Kerja Menuju Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Selasa (23/11/2021).

Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kadek Anton Budiharta beserta jajaran menerima langsung kedatangan TPN yang didampingi oleh Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI selaku Tim Penilai Internal dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten selaku Pembina Satker.

Baca Juga  PWI Sumut Kecam Demo Ke Waspada

Mengawali Verifikasi Lapangan, TPN meninjau Posyandu Publik yang menjadi sentra layanan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dalam melayani masyarakat. Beragam layanan dijelaskan Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang mulai dari Pendaftaran Kunjungan Online, Alur Kunjungan, Ruang Yankomas, Pemeriksaan Barang, Bank Jempol, Pendaftaran Kunjungan Tahanan yang bekerjasama dengan Kejaksaan Tangerang dan Aplikasi Sistem Informasi Lapas Pemuda (Silada).

Masuk ke dalam Lapas, TPN disambut Yel-Yel dan Jingle WBK yang disuarakan oleh petugas dan perwakilan WBP. Selanjutnya, TPN diajak berkeliling melihat layanan yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada didalam Posyandu Warna meliputi layanan kesehatan, layanan pengaduan, layanan integrasi dan remisi, serta layanan informasi. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau bale baca, bale informasi, bale seni, dan bale kongkow.

Baca Juga  Dikunjungi Masyarakat Pers, Helldy Agustian: Perubahan Harga Mati

Selain itu, TPN juga melihat langsung proses belajar mengajar yang ada di Kampus Kehidupan yang terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Theologi, dan Fakulitas Ilmu Agama Budha. Verifikasi berlanjut ke area Kegiatan Kerja, disana TPN melihat pembinaan kemandirian yang diberikan kepada warga binaan seperti bordir, melukis, loundry, konveksi, dan juga pengelasan dan pertukangan. Sebelum verifikasi selesai, TPN diperlihatkan simulasi keadaan darurat dengan SOP Panic Button yang dilakukan oleh Regu Pengamanan.

Baca Juga  Pemerintah Minta Fokuskan Kalangan Remaja Guna Cegah Perilaku Berisiko Seks di Luar Nikah

Arif Tri Hariyanto selaku perwakilan TPN mengapresiasi kinerja Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dalam Pembangunan ZI.

“Kita mengapresiasi perubahan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, karena bukan hanya pelayanan diluar yang sangat baik, tetapi pelayanan didalam pun juga sama baiknya. Apalagi saya baru melihat ada orang yang bisa jadi sarjana gara-gara masuk Lapas. Hasil ini akan saya bawa ke Kemenpan untuk dinilai oleh Tim Panel dan harapan saya Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang sukses meraih gelar WBK di tahun 2021,” ungkapnya. (Dede).