HD : Aktifkan Gerakan Pramuka, Bentuk Generasi Berkarakter

oleh
oleh -

MAJALAHTERAS.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri dan Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen TNI. Agus Suhardi menghadiri upacara peringatan hari pramuka ke 59 tahun 2020 di Provinsi Sumsel yang juga diikuti secara virtual oleh Kwarda kab/kota se-Sumsel di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis (19/8/2020).

HD mengucapkan Selamat Hari Pramuka dan berharap agar jiwa-jiwa kedasadarmaan tertanam kedalam insan-insan pramuka. Oleh sebab itu, Ia mengatakan bahwa Ia menginstruksikan seluruh Bupati Walikota untuk mengaktifkan kembali gerakan pramuka mulai dari sekolah dasar hingga mahasiswa.

“Jiwa pramuka harus ditanamkan melalui dasa darma dan kegiatan-kegiatannya bahwa pramuka selalu ingin bermusyawarah, disiplin, beretika itu ada didalam doktrin yang kita terima sejak kecil oleh sebab itu, Bupati Walikota buatlah kegiatan hidupkan kembali bumi perkemahan di setiap Kab/Kota,” ujar HD.

Baca Juga  UU Pemda: Tugas, Kewenangan dan Kewajiban Kemendagri Mediasi Sengketa Kewenangan Pemda

HD mengatakan bahwa pramuka tidak boleh identik dengan atribut saja tapi penanaman jiwanya. Di hari Pramuka ini HD mendoakan agar pramuka dapat meningkatkan perannya untuk mendidik serta membina generasi-generasi berkarakter.

“Gerakan pramuka harus dikelola dibina dengan baik. Maka saya juga terus memberikan dukungan atas eksistensi pramuka di Sumsel. Salah satunya mendukung agar Sumsel menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional pada tahun 2022 mendatang,” kata Dia.

Baca Juga  Kepala Daerah Diminta Laksanakan Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

HD juga mengajak setiap pihak untuk mendukung kesiapan acara tersebut agar dapat terlaksana dengan baik, mulai dari Kodam, Polda Sumsel, dan juga Kwartir Daerah.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Sumsel, Mukti Sulaiman, mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Pemprov Sumsel dan Gubernur Sumsel Herman Deru pada upacara ini dan juga Pramuka di Sumsel.

“Kwarda Sumsel telah mendapatkan fasilitas dari Pemprov Sumsel dalam bentuk pendanaan dan bangunan fisik berupa 11 insfrastruktur di Gandus, Dukungan lain juga melalui dana hibah tiap tahun untuk melakukan kegiatan-kegiatan kepramukaan,” jelasnya

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan acara launching Mars dan Hymne Pertikaranas dan pemotongan tumpeng HUT Pramuka ke 59.

Baca Juga  Wakil Menteri Desa Ikut Berpartisipasi dalam Program Seni dan Budaya yang Diproduksi TVRI Nasional

Selain itu, Gubernur HD juga memberikan penghargaan Dharmabhakti kepada Ketua Mabicab Banyuasin Askolani Jasi dan Ketua Kwarcab Musi Rawas, Hj Suwarti. Kemudian penghargaan Pancawarsa III kepada Ketua Mabicab Muara Enim H Juarsah dan Ketua Kwarcab Pagar Alam, M Fadli.

Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Prof Edwar Juliartha, Kadis Kominfo, H Achmad Rizwan, SSTP, MM., Kadispora Sumsel, Akhmad Yusuf W., Kasatpol PP, H Aris Saputra, Kadisdik, Riza Fahlevi, Karo Umum dan Perlengkapan, M Zaki Aslam.***