Hati-hati dengan Kemungkinan Kondisi Cuaca Ekstrim Melanda 28 Wilayah

oleh
oleh -
Pejalan kaki di kawasan Jenderal Sudirman memakai payung karena hujan, Jakarta, Selasa 28 Desember 2021. Menurut perkiraan BMKG, sebanyak 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 26 wilayah tersebut di antaranya, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Papua. (Foto: BeritaSatu Photo/Emral Firdiansyah)

Jakarta – Tidak kurang dari 28 wilayah di Indonesia bisa terkena dampak cuaca ekstrem pada akhir pekan ini, Sabtu (8 Januari 2022). Demikian disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang, dan berpotensi tanah longsor dan banjir,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG, dilansir beritasatu.com.

Baca Juga  Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 meter Tanggal 7-9 Januari

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Lampung.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Baca Juga  Peringatan! Cuaca Ekstrim Melanda Indonesia hingga 9 Desember

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 60 -100 %.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara – timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya – barat dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

Baca Juga  28 Daerah yang Mungkin Terpengaruh oleh Cuaca Ekstrem

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Laut Banda, Perairan Kepulauan Kau hingga Aru dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang sangat tinggi kisaran 2,5 – 4 meter (tinggi) yang berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.(*/cr2)