Disdikpora Sukaresmi Gelar Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) Tingkat Kecamatan

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kormin Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang menggelar Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) tahun 2023 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Sukaresmi. Gelaran LTUB ini dihelat di halaman sekolah SD Negeri Cibungur 3. Selasa (7/3/2023)

Kormin sekaligus Korwas Kabupaten Pandeglang, Mamun, S.Pd saat di wawancara via telepon selulernya mengatakan, kegiatan LTUB ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari 26 Sekolah Dasar di lingkungan Disdikpora Kecamatan Sukaresmi.

“Upaya memperkuat pondasi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter pribadi disiplin yang baik, serta mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, salah satunya adalah dengan mengadakan Lomba Tata Upacara Bendera,” katanya.

Baca Juga  Kanwil Kemenkumham Banten kini Punya Wisma Pengayoman

Ia menambahkan, tujuan dari Lomba Tata Upacara Bendera ini untuk meningkatkan wawasan dengan menyeragamkan kesatuan dalam pelaksanaan Upacara Bendera yang baik dan benar.

“Selain itu, untuk menanamkan sikap disiplin, memperkuat nilai nasionalis, Religius, Integritas, Mandiri dan gotong royong,” ujarnya.

“Sehingga melalui Upacara Bendera yang baik dan benar ini juga akan menumbuhkembangkan sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik. Untuk memupuk rasa kebangsaan dan disiplin, serta pembinaan mental generasi penerus bangsa dapat terwujud,” imbuh dia.

Baca Juga  Mendagri Ajak Kepala Daerah Komitmen Eliminasi Malaria

Guru SDN Cibungur 3 yang bertindak sebagai Pembina Upacara, Patiroh, S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang telah melaksananan tugasnya dengan baik.

“Kami berharap, dengan adanya Lomba Tata Upacara Bendera ini bukan sekedar ajang perlombaan saja, akan tetapi sesuai dengan semangat kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan,” jelasnya.

Untuk itu, Ia menambahkan, sebagai peserta didik harus mengisi kemerdekaan ini dengan giat dan tekun belajar.

Baca Juga  Program Rutilahu TMMD ke-108 hampir Rampung

“Selain itu juga agar membiasakan perilaku disiplin akan meraih kesuksesan, karena sebagai generasi muda penerus bangsa raih semua impian dan cita cita kalian, jangan pernah berhanti untuk belajar,” pungkasnya.

Patiroh juga mengajak kepada seluruh siswa untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang yang lebih tinggi.

“Penting juga untuk membiasakan diri dalam menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan. Karena kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga sekolah. Lingkungan yang bersih akan terasa indah, aman, nyaman dan menyenangkan, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” tutupnya.@Juanda