Bersama Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta, Lapas Cikarang Laksanakan Mobile VCT HIV/AIDS

oleh
oleh -

CIKARANG – Warga Binaan Lapas Kelas IIA Cikarang melaksanakan Mobile VCT HIV/AIDS dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia bersama Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta.

Sehubungan dengan koordinasi dan kerja sama Yayasan Rumah Sebaya dan Klinik Angsa Merah Jakarta, perihal Mobile VCT HIV/ADIS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Cikarang dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia.

Baca Juga  Warga Binaan Rutan Palangka Raya Peringati malam Nuzulul Qur'an

Dengan ini Klinik Pratama Lapas Kelas IIA Cikarang melaksanakan Mobile VCT HIV/AIDS untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada di Aula Gedung II Lapas Kelas IIA Cikarang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 orang tim kesehatan dan 1 orang Direktur Klinik Angsa Merah, 4 orang tim dan 1 orang Direktur Yayasan Rumah Sebaya serta Peserta sebanyak 164 orang WBP dan Tahanan.

Baca Juga  Tandatangani Deklarasi Janji Kinerja, Kalapas Cilegon : Kita Siap WBK/WBBM

Kepala Lapas Cikarang Imam Sapto mengatakan bahwa sebelumnya warga binaan mengikuti pendataan dan skrining bagi peserta/WBP.

Adapun Penyuluhan dari dokter Klinik Angsa Merah, perihal orang yang terjangkit virus HIV/AIDS serta efek kontak dan penanganan secara VCT, serta dilakukan tanya kuis dengan para warga binaan dan tahanan mengenai pemahaman HIV/AIDS.

“Kegiatan ini diikuti 164 orang WBP, Dengan Rincian 149 orang laki laki dan 15 orang perempuan serta 41 orang Tahanan dari masing-masing Blok Hunian,” ujar Kalapas.

Baca Juga  Mohamad Kosim: Era Globalisasi, Masyarakat Harus Memiliki Keterampilan

Kegiatan Dilanjut pengambilan sample darah dan pemeriksaan dan observasi selama 30 menit sampai menunggu hasil serta evaluasi bagi warga binaan dalam program obat ARV.

Dalam kegiatan ini tidak ada WBP yang terinfeksi HIV/AIDS, Pelaksanaan dilakukan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan.