Berikan Akses Literasi, Rutan Bangil Lakukan Pembagian Box Baca Untuk Seluruh WBP

oleh
oleh -

PASURUAN – Rabu (10/07/2024) Rutan Kelas IIB Bangil Kanwil Kemenkumham Jatim telah mengambil langkah yang berarti untuk meningkatkan literasi dan minat baca di antara warga binaannya dengan menggelar sosialisasi pembagian box baca. Box baca ini akan dirolling setiap dua minggu di berbagai blok hunian, memastikan setiap narapidana memiliki akses yang mudah untuk membaca dan belajar, baik untuk meningkatkan pemahaman agama maupun pengetahuan umum. Langkah ini tidak hanya menjadi bagian dari upaya Rutan Bangil untuk memberikan pelayanan yang holistik kepada narapidana, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat.

Baca Juga  Susi Pudjiastuti Jalani Pemeriksaan Sebagai Saksi Kasus Dugaan Korupsi Impor Garam Industri di Kejaksaan Agung

Apresiasi yang tulus disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, terhadap inisiatif Rutan Bangil dalam meningkatkan literasi di antara narapidana. Beliau mengakui bahwa kegiatan sosialisasi pembagian box baca ini merupakan langkah yang sangat positif dalam membantu narapidana memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan literasi mereka. Dengan memberikan akses yang mudah dan konsisten terhadap bahan bacaan, Rutan Bangil telah menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran di dalam penjara, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pembinaan pribadi dan pemulihan sosial narapidana.

Baca Juga  Menaker: Pemerintah Akan Revisi Aturan JHT

Komitmen Rutan Bangil dalam memberikan akses kepada narapidana untuk meningkatkan literasi mereka adalah bukti dari perhatian yang serius terhadap pembangunan manusia di dalam sistem pemasyarakatan. Dengan dukungan penuh dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh yang menginspirasi bagi lembaga pemasyarakatan lainnya di Jawa Timur untuk mengadopsi strategi yang sama dalam meningkatkan kualitas hidup dan kemandirian narapidana.

Baca Juga  Antisipasi Banjir, WBP Rutan Bangil Laksanakan Perbaikan Selokan