Antisipasi Varian Baru Covid-19 Omicron, Dinkes Tangsel Siagakan 23 Rumah Sakit

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Dalam menyongsong hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan menyiagakan 23 rumah sakit dan satu isolasi terpusat untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19 dan varian Omicron.

Hal ini dokonfirmasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendarlin Mahdaniar. Ia mengatakan, seluruh tenaga medis yang berjumlah sembilan ribu orang dan 23 rumah sakit yang melayani pasien Covid-19 itu akan tetap disiapkan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami juga siapkan sarana prasarana termasuk obat-obatannya serta kita persiapkan rumah Lawan Covid-19 Tangerang Selatan sebagai tempat isolasi terpusat,” kata Allin saat dihubungi via seluler. Jumat (3/12/2021).

Baca Juga  Menko PMK Terima Hibah Bantuan Berupa 15 Oksigen Konsentrator dari Tanoto Foundation

Menurut Allin, 23 rumah sakit itu memiliki 54 tempat tidur ICU yang disiapkan untuk perawatan pasien Covid-19 dan tersedia 455 tempat tidur untuk isolasi.

“Rumah sakit juga memiliki pasokan oksigen yang sudah disiapkan sehingga diharapkan tidak ada kekurangan apabila dibutuhkan,” ujarnya.

“Rumah Lawan Covid-19 juga sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi gelombang ketiga ini, ya kita harapkan tidak terjadi ya. Tapi kita sudah antisipasi itu,” sambung dia.

Baca Juga  Sepenggal Cerita RSU Kota Tangsel, Pantang Menyerah di Zona Merah

Selain mengantisipasi gelombang ketiga covid-19, dinas kesehatan juga waspada terhadap varian baru Covid-19 dari Afrika yakni varian Omicron.

“Tentunya kami Dinkes terus mengantisipasi terutama mendeteksi dengan tracing, testing,
yang terpapar di mana setelah itu kita cari 15 yang kontak erat dengan yang terpapar,” ungkapnya.

Dengan dilakukannya pelacakan dan pengetesan secara terus menerus, Dinkes bisa mendeteksi secara awal Covid-19 terutama varian baru, selain mendeteksi secara awal, tentu seluruh rumah sakit juga harus dipersiapkan untuk antisipasi gelombang ketiga.

Baca Juga  Kelurahan Cipondoh Gelar Operasi Aman Bersama Protokol Covid-19

Direktur Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan, Umi Kulsum juga menyatakan telah mempersiapkan 21 tempat tidur di ruang IGD dan dua lantai ruang rawat inap untuk antisipasi.

“Ruang rawat inap terdiri dari dua lantai dengan 58 tempat tidur serta ruang ICU untuk pasien Covid-19 sebanyak 4 tempat tidur, persiapan obat-obatan, oksigen, dan apd akan tetap kita persiapkan,” paparnya.(Iman)