1816 Peserta CPNS Kanwil Kemenkumham Banten Ikuti Tahapan Seleksi dengan Tertib

oleh
oleh -

Majalahteras.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Banten terus melanjutkan proses Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Dengan total jumlah pelamar CPNS yang lulus Seleksi Administrasi Online, pelamar harus memenuhi panggilan untuk mengikuti tahap Seleksi Dokumen Fisik dan Pengukuran Tinggi Badan.

Dari pantauan majalahteras.com hari ini, sebanyak 1816 pelamar CPNS 2019 melaksanakan tahapan tes tersebut dengan tertib dan teratur yang dihelat di Hotel Puri Kayana Kota Serang. Jumat (20/12/2019).

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Drs. Imam Suyudi, Bc.IP., S.H., M.H., dalam sambutan apel tadi pagi mengatakan, cukup besar antusisme dan keinginan para pelamar CPNS untuk lolos tes kali ini.

Baca Juga  Pesan Ketum PWI Hendry CH Bangun Untuk Insan Media dan Pemkot Cilegon

“Hingga hari ini, tercatat sudah sekitar 2000 pelamar lebih yang telah gugur di tahap ini karena beberapa hal. Tentunya seleksi CPNS di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten ini nantinya benar-benar mendapatkan generasi terbaik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah pelamar unggah berkas kualifikasi SMA/sederajat di Wilayah Banten sebanyak 13.716 orang.

“Dari total tersebut, jumlah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 9.082 orang, ditambah 1 orang yang dinyatakan lulus setalah hasil sanggah menjadi 9.083, dan jumlah pelamar yang tidak lulus sebanyak 4.633 orang,” jelasnya.

Untuk hari ini, Imam melanjutkan, tahapan tes yang dilakukan adalah Proses Varifikasi Dokumen Asli dan Pengukuran Tinggi Badan.

Baca Juga  Tinjau Kampung Bersinar, BNN Provinsi Banten Apresiasi Pelaksanaan P4GN Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang

“Tahapan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia sejak hari Senin lalu, 16 Desember 2019.Berbeda dengan kualifikasi D3/D4/S1/Dokter, untuk kualifikasi SMA/sederajat ada persyaratan tinggi badan, yakni Pria minimal 160 cm dan Wanita 155 cm. Alasannya, karena penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian perlu didukung oleh kondisi fisik yang prima, selalu siap siaga, mempunyai daya tahan dan kekuatan fisik yang optimal dalam melaksanakan tugas,” paparnya.

Kuota formasi yang tersedia untuk Wilayah Banten hanya 72 orang untuk Penjaga Tahanan (65 orang pris dan 7 orang wanita), dan 4 formasi untuk keimigrasian.

Pada tes hari ini, peserta CPNS yang hadir harus melewati beberapa tahapan seleksi. Tahap pertama, peserta akan diberi form pengisian pengisian identitas pribadi untuk verifikasi berkas (nama, NIK, dan data pribadi) dan keterangan tinggi badan. Kedua, peserta diarahkan untuk mengisi presensi Nomor Urut Peserta.

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas ASN, Pemerintah Kota Serang dapat 2 Kategori Penghargaan BKN Awards 2022

Ketiga, tes pengukuran tinggi badan. Pada tes ini, pserta yang memiliki tinggi badan kurang dari batas minimum yang telah ditentukan akan dinyatakan gugur. Batas minimum tinggi badan sesuai dengan ketentuan dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan UPT Metrologi Kabupaten Serang. Terakhir, verifikasi berkas fisik (Ijazah, Transkrip Nilai, Ktp, Pas Foto, Surat Pernyataan Bermaterai). Semua berkas tersebut harus asli.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos verifikasi berkas fisik, akan langsung diarahkan ke tempat percetakan Kartu Peserta, kamudian langsung dilekatkan Pas Foto dan pemberian Stempel Basah oleh panitia.@Iman