Wisata Hits Para Treveler, Tugu Kopiah Emas Lampung

Majalahteras.com – Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Lampung letak strategis di ujung pulau Sumatera dengan Ibukota bernama Bandar Lampung atau di sebut sebagai kota tapis berseri. Pada sebelah utara berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu dan juga Sumatera Selatan.

Bagi yang bepergian melewati jalur Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan melintasi Provinsi Lampung, tentu akan melewati beberapa bangunan ikonik kabupaten-kabupaten yang ada di wilayah tersebut. Satu di antaranya adalah ketika melintas di seputaran Taman Kopiah Emas.

Banyak para treveler yang memanfaatkan wisata Lampung sebagai tempat yang hits, salah satunya wisata di Lampung Tengah dijadikan sebagai tempat rekreasi via instagram. Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi-potensi wisata yang layak untuk dikunjungi baik oleh wisatawan domestik ataupun wisawatan asing.

Pada umumnya Lampung dikenal memiliki destinasi island hooping, bukan berarti daratannya tidak memiliki daya tarik. Salah satunya daya tarik kawasan Lampung Tengah yang mempunyai Taman Budaya dengan ciri khas tugu sebagai ikon Tugu Kopiah Emas yang mengundang daya tarik para treveler.

Berada di jalan lintas Sumatera di Kota Gunung Sugi, Kabupaten Lampung Tengah, tugu tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat yang melintas khususnya yang berada dijantung ibukota kabupaten. Taman ini juga memiliki pepohonan dan bunga dengan penataan yang rapih sehingga banyak pengguna jalan yang singgah untuk bersantai dan ada juga yang berfoto di tugu tersebut. Tidak hanya tugu kopiah saja, di tempat yang sama terdapat patung Muli Menganai dan Tugu Pepadun yang dirancang sedemikian rupa, sehingga menjadi tempat yang menarik dan sangat indah.

Tugu Kopiah Emas memiliki ukuran tinggi 11 meter dan diameter lingkarannya 3 meter. Membuat tugu ini lebih mencolok dibandingkan dengan ikon serupa dikawasan yang sama, sehingga setiap hari banyak pengguna jalan yang berhenti di Taman Budaya tersebut untuk sekedar berfotoKeberadaan tugu ini cukup mencolok dibanding ikon serupa di kawasan yang sama. Sehingga setiap hari ada saja pengguna jalan yang berhenti di Taman Budaya tersebut hanya untuk berfoto di depan tugu tersebut.

Tujuan awal pembangunan tugu ini adalah untuk mempercantik wajah kota, karena bentuknya yang cantik kawasan menjadi sarana rekreasi. Selain untuk keindahan kota, bangunan bernilai seni itu dapat menjadi aset bagi Kabupaten Lampung Tengah. @DARUL/NURUL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *