Usir Penat Berwisata Ke Pemandian Air Panas Curup

Majalahteras.com – Setelah 6 hari disibukkan dengan berbagai macam hal seperti pekerjaan dan urusan lainnya, ada baiknya meluangkan waktu bersama keluarga.  Sedikit menghilangkan penat dalam rutinitas sehari – hari, Banyak hal yang bisa dilakukan bersama keluarga, salah satunya mengunjungi pemandian air panas.

Salah satu tempat pemandian air panas yang bisa dikunjungi adalah Suban Air Panas Curup. Meliputi area seluas kurang lebih 30 hektare di Bengkulu, pemandian air panas ini merupakan tempat yang tepat untuk melepaskan diri dari segala kepenatan yang dirasakan selama 6 hari bekerja.

Berada di tengah kawasan hijau yang indah, air yang mengisi kolam berasal dari sejumlah mata air yang mengalir turun dari Bukit Kaba. Mata air panas yang berasal dari Bukit Kaba ini diyakini salah satu obat untuk mengobati penyakit kulit, rematik, dan melenturkan otot yang tegang.

Di area kolam ini pun Anda akan melihat dua batu besar yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Pertama, Batu Trisakti yang konon dihuni oleh tiga roh besar yang melindungi mereka yang berkunjung ke mata air panas.

Kedua, Batu Menangis, yang konon kadang-kadang mengeluarkan air seolah-olah sedang menangis. Keberadaan Batu Menangis berkaitan dengan legenda seorang putri bernama Gemercik Emas yang terus-menerus terisak-isak, karena ia menolak untuk segera menikah dengan seorang pangeran bernama Putra Gambir Melang.

Selain berendam air panas di kawasan ini, Anda pun bisa mengunjungi dua air terjun yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Air terjun pertama setinggi 50 meter, sementara yang kedua setinggi 15 meter.

Selain percikan air mancur yang menyegarkan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama air terjun yang menakjubkan dan suasana alam yang tenang. Suban Air Panas Curup terletak sekitar 6 kilometer dari Kota Curup, di Kabupaten Rejang Lebong, atau terletak di jalan utama antara Curup sampai Lubuk Linggau.

Anda bisa berkendara dari kota Bengkulu selama empat jam. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik Bus Bengkulu-Curup. Dari kota Curup, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot ke Pasar Atas, lalu dilanjutkan dengan angkot lain ke Suban Air Panas Curup. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *