Upacara HUT RI Di Cihara Berjalan Hikmat

majalahteras.com – Semarak antusias warga masyarakat menyambut detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak sangat luar biasa.

Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan menyambut Dirgahayu RI ke-72  yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Nasional  PHBN) Kecamatan Cihara, menurut ketua PHBN, H.Sanen Nugraha, S.Pd menyatakan, kegiatan dalam memperingati HUT RI lumayan terbilang bermacam-macam.

“Kegiatannya meliputi pertandingan sepak bola antara desa, bola volley putra/ putri, lomba gerak jalan tingkat SD, SLTP ,SLTA dan tingkat umum, tarik tambang umum, balap karung umum, lomba ketangkasan kreatif anak sekolah tingkat SD, lomba kamonesan atau pembangunan tingkat desa, lomba tumpeng tingkat PKK Desa dan pesta rakyat,” ujar Sanen.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan upacara sebagai pimpinan upacara camat Kecamatan Cihara, Khaerudin,S.Pd,M.Si, komandan upacara, Brigadir Sutardi dari anggota Polsek Cihara, pembacaan  UUD 45 Wakapolsek Aipda Yusuf, pembacaan Pancasila Serka TNI Iswanto, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI oleh Anggota DPRD II Lebak Ruly, penutup do’a dibacakan Kepala KUA Kecamatan Cihara Sihabbuddin.

Upacara dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) Cihara, para UPT, Kepala Desa, PGRI, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna, KNPI, Organisasi Kemasyarakatan (ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tokoh ulama, dan masyarakat sekitar ibu kota Kecamatan Cihara.

Sebelum acara dimulai peserta yang hadir menyimak sekitar 30 detik mendengarkan suara serine, kentongan, suara ruah riuh masa yang hadir. Dengan hikmatnya, dalam upacara tersebut Camat Khaerudin menyampaikan sambutan Bupati Lebak.

“Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, mengajak kepada masyarakat Kabupaten Lebak,kiranya untuk mengenang detik-detik proklamasi, sekaligus mengenang jasa-jasanya para pejuang bangsa, mereka telah berjuang mempertaruhkan tidak hanya harta, secara ikhlas telah mengorbankan jiwa raganya kemerdekaan negara republik Indonesia dari belenggu penjajah belanda. Sebagai bangsa besar yang senantiasa menghormati jasa pahlawan, senantiasa diampuni atas segala kesalahan dan kekhilafannya serta mendapat tempat yang terbaik di sisinya dan kepada kita dapat meneruskan perjuangannya,” ujar Iti yang diwakili oleh Khaerudin.

Khaerudin menambahkan, pada kesempatan ini upacara ini diberi tema “Dalam Peringatan Kemerdekaan RI Tahun 2017 Adalah Indonesia Kerja Bersama”. Tema tersebut memiliki makna luhur, sebab kerja bersama terkandung sifat kegotong-royongan akar kebudayaan bangsa Indonesia.

“Semangat juang harus kita tunjukan dan kebaktian kepada bangsa serta negara dan semangat juang 45, yaitu dengan kerja bersama rakyat Indonesia,” jelas Khaerudin.

Camat melanjutkan, cita-cita yang kita inginkan dan kemajuan yang kita harapkan melalui program “Lebak sehat, Lebak pintar menuju Lebak cerdas tahun 2019 dan Lebak sejahtera” adalah terwujudnya percepatan pembangunan berkelanjutan masyarakat Kabupaten Lebak untuk generasi yang akan datang.

Strategi dan prioritas pembangunan program Lebak cerdas. Pertama, program pendidikan gratis. Kedua, sekolah sehat bersih hijau dan bertaqwa. Ketiga, Lebak cerdas dengan membaca. Keempat, Lebak berkarakter dan berakhlaqul karimah.

“Kita terus berusaha memenuhi berbagai aspek kebutuhan dasar bidang infrastruktur, seperti membangun jalan, jembatan, sarana pendidikan, kesehatan, meningkatkan perekonomian seperti pasar desa, serta memenuhi kebutuhan listrik serta pasilitas pelayanan kesehatan masyarakat Lebak. Pemerintah Daerah menyadari upaya-upaya  tersebut masih juga banyak kekurangan dan tantangan yang harus kita selesaikan dengan momentum ini saya kembali mengajak kepada masyarakat untuk terus berjuang dengan semangat kemerdekaan insaallah akan terwujud,” pungkas Iti dalam isi sambutannya.(UI)