Unik, Pantai Air Panas Wartawan

Majalahteras.com –  Fenomena unik yang terjadi di Pantai Wartawan terletak di Kabupaten Lampung Selatan, tepatnya berada di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Provinsi Lampung. ini adalah kepulan asap yang juga memancarkan air panas yang keluar dari bebatuan di sekitar pantai.

Air bersuhu panas ini bersumber dari belasan titik mata air. Biasanya sumber air panas hanya ditemukan jauh dari pantai, tapi disini pengunjung dapat menikmati dua keindahan sekaligus, keindahan pantai dan fenomena unik air panasnya.

Keunikan pantai ini memang hanya bisa dinikmati kala air sedang surut pada pagi atau sore hari. Jika sedang pasang tentu saja sumber air panas tadi akan tertutupi oleh air yang naik ke bibir pantai.

Bila  kurang beruntung melihat fenomena pantai ini, anda masih bisa menikmati lukisan indah alam pantai yang bisa dinikmati dari atas Bukit Botak yang letaknya tidak jauh dari sumber air panas.

Panorama keindahan pantai bisa Anda nikmati dari atas bukit berketinggian 50 meter ini. Di bukit ini anda juga dapat melihat goa dan berziarah ke makam Tubagus Sulaiman, beliau adalah seorang pendekar yang berasal dari Banten.

Di Pantai Wartawan ini Anda bisa menikmati hamparan pantai yang sangat indah yang mampu memanjakan mata selagi memandang, lengkap dengan air biru dan panorama pulau yang ada disekitarnya termasuk pemandangan indah Gunung Krakatau dan panorama alam pegunungan disekitarnya. Pantai ini cocok sekali untuk berenang karena di pantai ini airnya cukup tenang dan aman, disini juga terdapat sumber air panas mineral yang bercampur dengan air laut.

Pantai Wartawan terdapat sebuah sumber air panas yang berada pada sisi pantai karang kaki bukit gunung botak yang terus menerus mengeluarkan uap panas, suhu air laut bisa mencapai 80 – 100 C.  Bukit Gunung Botak yang terletak persis di kawasan pasang surut.

Sumber air panas ini di percaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti ganguan tulang atau reumatik dan penyakit kulit bisa di sembuhkan. Akan tetapi sebaiknya Anda tetap jaga jarak dengan dengan sumber air panas ini, karena sangat panas dan berbahaya jika Anda terpeleset masuk didalamnya.

Tidak hanya indah dan menarik, disini juga harga tarif masuk menuju obyek wisata pantai Wartawan ini sebesar Rp 2.500,- per orang, di tambah dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp.5000,- untuk mobil.

Dengan demikian pariwisata akan terasa sangat menikmati dengan keindahan yang ada di pantai wartawan ini karena ini adalah salah satu pantai yang unik di Provinsi Lampung. @PANGAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *