Trik membuat Bayi Pulas Tidur saat Malam Hari

vemaleSuara Musik

Siapa sangka dengan memperdengarkan musik di dalam ruang tidur Si Kecil, ternyata bisa membuatnya tidur lebih nyenyak dan nyaman. Kalau persepsi kamu adalah membiarkannya tidur dalam ruangan yang sepi itu salah. Ternyata, saat berada di dalam rahim suara yang sering didengarnya adalah suara yang keras dan kencang. Kondisk ini membuatnya terbiasa medengarkan banyak suara kencang dan keras.

Membedong

Cara kuno masih jadi cara terbaik, lho! Membedong bayi bisa membuatnya merasa lebih nyaman saat tidur sehingga mengurangi Si Kecil terbangun saat tidur di malam hari. Membedong bayi sebaiknya dilakukan saat  malam hari dan setiap Si Kecil akan tidur karena ini baik dilakukan terutama di empat bulan pertama kelahirannya. Selain membuat tidur Si Kecil lebih nyaman, ini berguna membantu mengurangi tingkat kecelakaan tidur pada bayi.

Lampu redup

Si Kecil yang rutin bagun setiap malam juga disebabkan karena buang air kecil. Ketika Si Kecil terbangun, usahakan lampu kamarnya dalam keadaan yang redup, ya. Sehingga Si Kecil akan merasa bahwa suasana pada malam hari tidak menarik. Hal yang juga patut di hindari, yakni menganti popoknya berkali-kali saat tidur.

Waktu tidur

Coba terapkan pola tidur yang rutin sejak Si Kecil lahir. Terutama pada dua bulan pertamanya, kamu bisa terapkan 3 hingga 4 kali waktu tidur dalam satu hari, dengan total sekitar 6 jam waktu tidur pada siang hari. Waktu tidur yang menentu pada Si kecil, bermanfaat untuk mendaptkan waktu tidur berkualitas di malam hari. Saat siang hari kamu bisa ajarkan anak berbagai aktivitas agar saat malam hari istirahatnya akan terasa pulas.

Dream feeding

Cara yang terakhir, bisa di terapkan saat Si Kecil tidur malam hari. Sekitar pukul 11 malam, berikan Si Kecil ASI tanpa harus membangunkannya. Setelah itu, letakan lagi Si Kecil di atas tempat tidurnya. Aktivitas ini mampu mengurangi frekuensi buah hati kita terbangun di malam hari sehingga ini juga bisa membuat kita sebagai ibu punya waktu istirahat yang lebih.