Tingkatkan Ekonomi Bengkulu Lewat Pariwisata

Pemerintah Provinsi Bengkulu berambisi menjadikan daerah itu sebagai tujuan wisata nasional dan internasional yang dikemas dengan “Visit 2020 Wonderful Bengkulu”.


“Saat ini perbaikan infrastruktur seperti jalan, kebutuhan energi listrik semua sedang dipenuhi, budaya kuliner, hunian dan hotel untuk wisatawan akan disiapkan. Sehingga pada tahun 2020 Bengkulu siap menggelar festival Sail Enggano,” jelas Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Senin (7/11/2016).

Saat ini, kata Ridwan, persiapan sarana dan prasarana menuju “Visit 2020 Wonderful Bengkulu” akan disusun dan disiapkan mulai tahun 2016. Ini termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Bengkulu sendiri memiliki banyak destinasi wisata alam tidak saja Pantai Panjang yang memiliki keindahan pasir nan bersih. Terdapat pula Benteng Marlborough yang terbesar di Asia Tenggara, serta wisata budaya.

Sementara itu, terdapat Pulau Enggano yang terletak di tengah Samudera Hindia dan memiliki keanekaragaman suku budaya yang masih kental.

Lokasi ini selain menawarkan keindahan darat dan budaya masyarakat adatnya, juga menyajikan keindahan bawah laut dan wisata laut lainnya.