Tiga Program Unggulan Dinsos : Lebak Sehat, Lebak Cerdas, Lebak Sejahtera

Majalahteras.com – Secara teknis Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak  memiliki dua bidang, yaitu bidang perencanaan rehabilitasi sosial dan pemberdayaan sosial, dan tentang perlindungan jaminan sosial serta pusat data dan informasi sosial (Pusdatin).

Saat ditemui crew Majalah Teras, Kepala Dinsos Kabupaten Lebak Eka Darmana mengatakan pihaknya pada tahun 2017 ini sedang berusaha membantu Pemda (Pemerintah Daerah) secara teknis membangun saran dan prasarana sosial sekaligus untuk menanggulangi masalah-masalah sosial, kebencanaan, penyakit, penyandang cacat dan fakir miskin.

Eka Darmana mengatakan bahwa Dinsos mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun SDM. Tidak hanya itu, Dinsos juga berperan dalam menata sosial menjadi lebih baik.

Ada tiga pilar program unggulan yang dicanangkan oleh Dinsos Kabupaten Lebak ini, Lebak Sehat, Lebak Cerdas, Lebak Sejahtera.

“ Program itu semjadi fokus kami. Lebak Sejahtera menjadi domain diantara tiga pilar itu,” bincang Eka dengan crew Majalah Teras

“Kita bersinergi dengan semua pihak, seperi kerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk pembinaan anak terlantar akibat putus sekolah, kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak terkait masalah becana dan juga rumah sakit bagi orang sakit yang terlantar atau gila,”tambah Eka.

Lanjut Eka, kegiatan Dinsos itu makro, berusaha untuk terus membantu Pemda memberantas kemiskinan. “Alhamdullilah, tingkat kemiskinan di Lebak sudah mulai berkurang,” ungkap Eka.

Eko mengungkapkan, Tingkat kemiskinan di Lebak sedikit demi sekit semakin berkurang. Mengurangi problem sosial ini yang di dalamnya mencakup soal  kemiskinan merupakan kegiatan makro Dinsos Kabupaten lebak

“Kita dapat menekan angka kemiskinan, menekan masalah-masalah sosial dan dapat membantu Pemda untuk menciptakan SDM berkualitas. Jadi , sasaran dan garapan kita itu berusaha menanggulangi hal-hal yang bersifat kemiskinan dan bencana alam, ini yang harus kita bangun terus-menerus,” tutupnya. (Dede)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *