Tak Cuma Jakarta, Taiwan Juga Punya Ondel-Ondel Lucu

Kesenian dengan kostum unik seperti ondel-ondel di Jakarta ternyata juga ada di Taiwan, loh. Bedanya, ondel-ondel di Taiwan ini lebih lucu dan memadukan kesenian modern dalam penampilannya.

Kesenian yang juga disebut Electric-Techno Neon Gods atau santaizi ini menyimbolkan para dewa yang mewakili anak-anak. Ondel-ondel Taiwan ini berwajah lucu dengan alis tebal yang memakai pakaian tradisional China berwarna-warni, bendera di punggung mereka, mahkota, dan rambut kepang khas.

“Ini melambangkan dewa anak-anak. Kita tahu dalam kepercayaan China banyak sekali dewa. Dan ini manyimbolkan anak-anak yang dinamis dan luci. Bentuk kesenian ini sudah ada sejak zaman dahulu tapi sekarang dibuat inovasi lain yang memadukan musik modern,” kata Ismail Mae dari Taipei Economic and Trade Office (TETO).

Ondel-ondel tersebut membawakan penampilan tari tradisi dengan musik modern, sehingga disebut juga Electric-Techno Neon Gods. Selain itu, kadang ondel-ondel ini menghiasi diri dengan aksesori modern lainnya seperti sarung tangan putih, kacamata kebesaran, dan cahaya LED.

“Kesenian ini menjadi demikian karena pengaruh anak-anak muda yang inovatif. Penampilan ini biasa dibawakan anak-anak usia sekolah pada berbagai acara. Tidak hanya saat Cap Go Meh, tapi juga dikesempatan lainnya. Apalagi di Taiwan, kita punya banyak festival sepanjang tahun,” lanjut Mae.

Ondel-ondel ini lebih banyak ditampilkan khususnya dalam festival dan upacara keagamaan. Bahkan menurut Mae, ondel-ondel ini dipercaya memberi keberuntungan.

“Orang-orang percaya bahwa dewa yang direpresentasikan dalam bentuk kesenian ini membawa keberuntungan. Oleh karenanya mereka kerap diundang dalam acara di kantor atau perayaan di rumah,” pungkasnya.¬†@SAMSUL