SMK Negeri 1 Kragilan,Ciptakan SDM Berprestasi, Siap Hadapi MEA

majalahteras.com-

H.Untung Supriyanto M,Pd Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kragilan, belum lama ini menerima penghargaan Satyalencana dari Presiden Rebulik Indonesia Ir.Joko Widodo. Sebuah perjalanan panjang untuk menata pendidikan berkarakter guna mencetak generasi penerus bangsa dengan memberikan pelayanan pendidikan berkualitas. Untung Supariyanto genap lima tahun memimpin SMK negeri 1 Kragilan, selama kepemimpinanya banyak terobosan dan ide-ide baru dikembangkan baik perubahan fisik maupun non fisik demi kemajuan sekolah.

SMK Negeri 1 Kragilan berlokasi di Jalan Raya Serang Km,13 Perum Graha Cisait Kabupaten Serang ini menjadi sekolah rujukan berskala nasional. Sejak beberapa tahun belakangan telah membawa warna tersendiri dan menorehkan prestasi baik di tingkat Kabupaten, provinsi, bahkan nasional.

Dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) lulusan SMK di tuntut piawai di bidangnya. Melalui praktek kerja industri PRAKERIN bertujuan memperkenalkan dunia kerja kepada peserta didik yang nantinya akan memasuki dunia lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Sementara menurut Dra Rini Mutiara Ningsih M.Pd Humas SMK Negeri 1 Kragilan menggelar kegiatan persiapan Prakerin angkatan ke 5 yang rutin di lakukan setiap tahunnya. Tahun ini ada sedikit yang berbeda dari tahun sebelumnya dimana siswa kelas XI yang akan mengikuti prakerin dilatih oleh anggota Kopasus selama tiga hari di lapangan Kopasus diberi pembekalan kegiatan bina mental guna menumbuhkan kedisiplinan sebelum mereka memasuki dunia kerja melatih diri dengani sikap disiplin tinggi guna mencetak lulusan bermutu dan berkualitas.

“Sebetulnya pihak sekolah juga sudah menerapkan kedisiplinan di lingkungan sekolah termasuk didalamnya Aklaq dan Spiritual  tapi perlu di sadari disiplin dunia kerja sangat tinggi untuk itu peserta prakerin di tuntut harus punya karakter bisa beradaptasi dan memiliki prestasi prima,” ujar Rini.

Masih menurut Rini kemudian kegiatan di lanjutkan dengan memberikan seminar Pra Prakerin mengundang narasumber pejabat di lingkunagan pemerintah Propinsi Banten seperti dari Disnakertrans yang menyampaikan materi berkaitan dengan dunia kerja termasuk hak dan kewajiban sebagai pegawai. Sementara Dinas Pendidikan memberi pandangan bagaiamana makna serta tujuan prakerin agar siswa paham bahwa program prakerin bagian dari kurikulum, selanjutnya dari pihak BNN memaparkan bagaimana bahaya dari penyalahgunaan Narkoba, dan Kapolsek Kragilan menyampaikan bagaimana tertib lalu lintas yang baik dan benar  dan menjabarkan sanksi tindak pidana kriminal.  Dan kemudian dilanjutkan diskusi panel, tanya jawab dari pihak pelaku usaha PT Indah Kiat, PT Yasunaga, PT Nippon Saiki seberapa besar pengaruh etos kerja dan disiplin kerja serta memahami posisi dan ruang lingkup industri bertujuan agar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai.

Rini berpesan siswa yang mengikuti prakerin di perusahaan senantiasa menjaga etika berprilaku baik bersikap dan bertutur kata, sebagai pelajar juga harus mematuhi segala aturan dan prosedur yang berlaku di perusahaan agar kerjasama antara pihak sekolah dan perusahaan tetap terbina dengan baik dan berharap kelak para alumni dari berbagai jurusan mampu berkarya diberbagai perusahaan karena sepanjang tahun ini sudah beberapa perusahaan melalukan perekrutan diantaranya PT. Indah Kiat, PT. INS bahkan di tahun 2015  PT. INS sudah dua kali merekrut tenaga kerja dari SMK Negeri 1.

Sementara PT Yasunaga sebanyak 3 kali selama tahun 2015, kemudian PT INFRACOM di Jakarta yang memprodusi parabola Aora dan sudah ada 4 orang karyawan yang sudah bekerja termasuk di PT GSPE, PT PRIMA PLAS  dan PT HONDA, PT PWI, PT NISSAN INDO MOBIL, serta dengan beberapa perusahaan yang tersebar di Kabupaten Serang dan sekitarnya. Tidak sedikit pula siswa disini yang bekerja di Malaysia. Sesuai rencana awal bahwa SMK Negeri 1 Kragilan bisa maju dengan program-program yang sudah di miliki.” Harapnya. (ADV @JUANDA)