Siti Naisah, Calon Haji Pertama dari Samosir

SAMOSIR – Setelah bertahun-tahun menjadi kabupaten tersendiri, akhirnya Samosir memiliki warga yang berangkat menunaikan ibadah haji. Dialah Siti Naisah Simbolon Binti Lebanus Simbolon (62). Bersama dengan beberapa jamaah lainnya, hari ini (Selasa (1/8) Siti masuk ke Asrama Haji di Jalan AH Nasution, Medan.

Keberangkatan Siti ke tanah suci menjadi keunikan sendiri, sebab ia merupakan calon jamaah haji pertama diantara 1,2 persen umat muslim dari total penduduk di Samosir. Bersama dengan jamaah calon haji dari Toba Samosir, Medan, Pematang Siantar dan Simalungun, ia masuk kloter 6 yang akan terbang besok, Rabu (2/8).

Ia mengaku niatnya untuk berangkat ke Tanah Suci dari Kabupaten Samosir sempat mendapat kendala. Sebab, aparat pemerintahan setempat belum pernah melayani jemaah haji.

“Misalnya mau periksa kesehatan, Dinas Kesehatan sana belum tahu teknisnya seperti apa,” jelas Siti Nasiah, pensiunan guru Agama Islam ini.

Masalah yang dihadapi Siti Naisah ini akhirnya terbayar dengan perhatian Pemkab Samosir kepadanya. Dukungan terlihat dari sejumlah pejabat yang turut mengantarnya ke Asrama Haji Medan.

“Suka dukanya sudah terobati, sudah sampai di Asrama Haji,” ucap ibu tiga anak ini.(Jem)