Seni Budaya Anak Indonesia Pukau Rakyat Amerika

Majalahteras.com –  Aneka seni dan budaya dari Indonesia berhasil memukau rakyat Orlando, Florida, Amerika Serikat. Seni dan budaya Indonesia itu ditampilkan dalam kegiatan “Asian Cultural Festival”.

Konsul Ekonomi dari KJRI Houston, Isman Pasha, mengatakan, kegiatan itu digelar saban tahun oleh Asian American Heritage Council of Central Florida (AAHC).

Menurutnya, dengan memperkenalkan seni dan budaya Asia secara berkala, terutama pada anak-anak, diharapkan akan muncul rasa saling pengertian dan nantinya pedamaian antar-semua bangsa bisa tercipta di dunia.

Selain seni dn budaya Indonesia, festival itu juga menampilkan puluhan seni dan budaya dari
negara-negara Asia lainnya, seperti China, Filipina, India, Jepang, Korea, Thailand. Namun, hampir seperempat festival itu diisi seni dan budaya Indonesia.

Khusus dari Indonesia, para peserta dikoordinir oleh Voice of Indonesians in Florida (VIDA Florida), sebuah organisasi nirlaba masyarakat Indonesia di Florida, yang selama 2 tahun terakhir ini berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan internasional untuk mempromosikan Indonesia di Florida.

“Jangan pernah menghilangkan sisi budaya dari anak-anak kita yang lahir dan besar di negeri ini, itulah misi diselenggarakannya acara ini,” kata Putri Anglingkusumo, Ketua Umum VIDA Florida, dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews.com, Selasa (2/6/2015).

Beberapa seni dan budaya Indonesia yang memukau rakyat Orlando antara lain, pentas Tari Kupu-Kupu, Tari Jaranan, Tari Wulan Merindu, Tari Jaipong, Tari Gandrung dan Tari Badindin.

Menurut VIDA Florida, untuk pertama kalinya, masyarakat Orlando disuguhkan penampilan yang memukau dari kolaborasi VIDA Angklung dan VIDA Band dengan lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua. Aksi mereka membuat warga Orlando dan sekitarnya berdecak kagum.