Selalu Terusir, Jemaat Ahmadiyah Makin Susah Beribadah

Penutupan masjid Ahmadiyah di Sawangan, Depok, Jawa Barat, dan larangan beribadah bukan baru sekali terjadi di Indonesia. Jemaat Ahmadiyah di beberapa daerah mengalami hal serupa berulang kali. Bahkan jemaat Ahmadiyah di Sampang, terpaksa mengungsi ke Sidoarjo karena dimusuhi. Mereka sudah menjalankan ibadah.

Juru bicara Jeamaat Ahmadiyah Indonesia Vendra Budiana mengungkapkan, Masjid Al-Hidayah di Depok, Jawa Barat, yang ditutup sebenarnya sudah berdiri sejak 1999. Masjid tersebut terbuka untuk umum dan telah memiliki izin mendirikan bangunan sebagai tempat jbadah dan rumah tinggal sejak pada 2007.

Komunitas Ahmadiyah selama ini terlibat aktif dalam kegiatan sosial masyarakat Sawangan dan sering bersilaturahmi dengan para tokoh dan ulama di Sawangan. “Kami tidak pernah melanggar hukum apapun,” kata Vendra.

Menurut Vendra, dalam SKB Tiga Menteri tahun 2008 tentang Ahmadiyah, tidak tertulis larangan melakukan ibadah dan kegiatan. Sehingga penutupan paksa masjid oleh Pemerintah Kota Depok yang berdasarkan pada SKB tersebut, tidak berdasarkan aturan yang benar.  Berikut ini beberapa perlakuan buruk terhadap jemaat Ahmadiyah di Tanah Air  sepanjang tahun lalu @SAMSUL