Protein Nabati Lebih Mengenyangkan

Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi sayuran dengan kandungan protein tinggi, makan 12-13 persen lebih sedikit ketimbang peserta yang mengonsumsi makanan lain.

Menemukan cara untuk merasa kenyang lebih lama adalah salah satu kunci sukses turunkan berat badan. Kini, ilmuwan mendapatkan cara yang cukup efektif setelah melakukan sebuah studi baru.

Penelitian menunjukkan, protein nabati bisa membuat Anda merasa lebih puas dan kenyang setelah makan. Ini dapat menghentikan kebiasaan ngemil sarat kalori di antara waktu makan.

Selama penelitian, 43 laki-laki muda asal Denmark diminta untuk makan sarapan dengan menu berbeda selama dua minggu.

Ada 3 pilihan menu burger, yaitu burger yang terbuat dari daging protein tinggi, burger yang terbuat dari sayuran protein tinggi, dan burger yang terbuat dari sayur rendah protein. Semua menu disajikan bersama dengan kacang polong tumbuk.

Peserta melaporkan, mereka merasa paling puas dan kenyang lebih lama saat mengonsumsi burger yang dibuat dari sayuran tinggi protein, yang dipadukan dengan kacang polong tumbuk.

Para ilmuwan juga menemukan, partisipan makan 12 sampai 13 persen lebih sedikit kalori, atau sekitar 105 kalori lebih sedikit, setelah makan jenis burger tersebut, ketimbang saat makan jenis burger lain.

Dan lebih mengejutkan, peserta mengatakan, kepuasan saat makan burger sayur tinggi protein sama dengan saat makan burger daging, Live Science melaporkan.

Menurut para peneliti, yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Food and Nutrition, ini bisa disebabkan karena tingginya jumlah serat dalam sayuran. Serat sendiri berkontribusi untuk perasaan kenyang.

Anne Raben, penulis senior studi dan profesor penelitian obesitas di University of Copenhagen mengatakan, tubuh tidak memecah serat, sehingga serat tetap dalam saluran pencernaan sampai meninggalkan tubuh.

Di samping itu, protein akan dicerna dan diserap ke dalam tubuh, sehingga komponen-komponennya dapat digunakan. Itulah yang membuat kita puas dan kenyang lebih lama.