Pesona Keindahan Alam di Curug Bandung

Majalahteras.com – Tidak banyak yang tahu, Karawang memiliki destinasi wisata alam yang begitu indah. Di Kabupaten yang dikenal dengan goyang Karawang ini, ada wisata air terjun dengan pesona alamnya.

Curug Bandung Karang, yang memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 25 M berada dibawah kaki Gunung Sanggabuana Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru 42 km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Curug ini merupakan keajaiban alam dengan rangkaian 7 (tujuh) air terjun (relatif kecil ukurannya) dalam satu aliran sungai, dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung, Curug Cadas, Curug Jodo, Curug Lesung, dan yang terbesar adalah Curug Bandung. Rasanya tidak berlebihan jika Curug ini dikatakan sebagai keajaiban alam.

Air terjun ini berasal dari gunung Sanggabuana, dimana curug Bandung merupakan air terjun terkahir dari beberapa air terjun yang berada di kawasan wisata. Curug ini juga dikelompokkan ke dalam air terjun permanen karena pada saat musim kemarau aliran jatuhan airnya tetap ada meskipun kecil.

Selain objek wisata air terjun, pengunjung juga dapat menikmati water boom, kolam pemancingan, kolam renang dan camping ground. Dan jangan khawatir, fasilitas villa, tempat makan juga tersedia dikawasan wisata yang satu ini.

Untuk dapat menikmati wisata ini rute yang dapat ditempuh melalui Karawang-Loji sekitar 30 km, lalu Loji – Jayanti sekitar 10 km, dan dari Jayanti – ke lokasi curug sejauh 3 km dengan berjalan kaki. Kondisi jalan dari Karawang hingga Jayanti sudah beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Sedangkan untuk menuju ke curug dari loket tiket masuk  hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 100 m melewati jalan setapak yang naik dan turun. @YADI