Pesona Karawang Dari Curug Cigentis

Majalahteras.com – Selain dikenal dengan sebutan kota padi hingga goyang karawang, Kabupaten Karawang juga memiliki potensi wisata yang beragam dari wisata alam, budaya, sejarah hingga wisata religi ada di sini.

Bagi yang suka dengan objek alam, dapat menikmati kecantikan Curug Cigentis.  Curug yang berada sekitar seribu meter diatas permukaan laut ini memiliki pesona alam yang eksotis nan alami. Curug ini berada di wilayah Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten kerawang dan berjarak 44 KM dari pusat Kota Karawang.

Sebelum sampai pada air terjun setinggi 25 m, harus menelusuri jembatan terbuat dari bambu untuk menyebrangi aliran air sungai yang bersumber dari curug. Dari sini, suara gemuruh air curug sudah sangat terdengar jelas.

Melihat kemegahan, kecantikan dan keindahan Curug Cigentis, terbayar sudah rasa lelah selama dalam perjalanan menuju lokasi.

Fasilitas di objek wisata  ini bisa di bilang memadai, karena terdapat cukup banyak warung yang bisa memuaskan rasa lapar anda setelah lelah berjalan. Ada juga sarana kamar ganti serta musolah.

Selain Curug Cigentis, Kabupaten Karawang juga memiliki keindahan air terjun lainnya yang berada  tidak jauh dari Curug Cigentis. Diantaranya Curug Cipanundaan, Curug Bandung, Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Namun pengelola setempat hanya memperbolehkan Curug Cigentis saja yang dilihat dan dibuka untuk umum. Alasannya karena hanya Curug Cigentis saja yang mempunyai medan dan jalur yang bisa dilalui oleh pengunjung, sedangkan curug yang lainnya masih berbahaya.

Selain itu, curug lainnya belum ada fasilitas seperti yang dimiliki Curug Cigentis. Misalnya jalan setapak yang sudah bisa dilewati dengan aman dan terbilang cukup layak meskipun pengunjung harus tetap berhati-hati. Walau demikian tetap saja ada wisatawan yang penasaran yang nekad untuk mengunjunginya curug-curug di atas di kawasan Cigentis. ***