Pesona Air Terjun di Kaki Gunung Salak

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke kota hujan tanpa menikmati keindahan wisata air terjun Curug Nangka. Objek wisata satu ini selain menawarkan keindahan alam dan deburan air terjun pengunjung juga dapat melakukan kegiatan hiking dan camping ground. Lahan yang tersedia di sini cukup luas sehingga pengunjung dapat melakukan wisata sambil berkemah.

Di kawasan wisata air terjun yang terletak di Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor terdapat tiga curug yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung. Untuk Curug Nangka memiliki ketinggian antara 10 meter sampai dengan 20 meter.

Selain menyajikan obyek wisata berupa air terjun, di kawasan Curug Nangka banyak dijumpai kera-kera liar yang kerap sesekali bencengkrama dengan pengunjung. Kelestarian dan kebersihan alam dicurug ini sangat dijaga oleh penduduk sekitar dan pengelola. Ketiga curug ini tepat berada di kaki Gunung Salak pada ketinggian sekitar 750 m dpl dengan suhu udara 20-22 C.

Keberadaan Curug Nangka tidak begitu jauh, dari pintu masuk sekitar 500 m atau membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki, lokasi curug ini cukup tersembunyi di dalam lembah yang curam dan dibatasi tebing-tebing tinggi.  Kondisi jalan untuk menuju ke lokasi Curug Nangka tidaklah sulit, dari pintu gerbang atau lapangan parkir harus melewati camping ground dengan terlebih dahulu menyebrangi jembatan sebelum hutan pinus. Dari camping ground kemudian menanjak sebentar hingga tiba di hulu sungai.  Sungai ini merupakan bagian atas (hulu) dari Curug Nangka.

 

@wiri