Pesona Air Terjun dari Ombak Laut

Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar di dunia dari Sabang sampai Merauke adalah bagian dari kesatuan NKRI yang dikelilingi oleh lautan. Tak heran bila sumber daya alam laut sangat melimpah ruah dan menjadikan negara indonesia sebagai negara yang makmur. Dengan slogan negara maritim, Indonesia mempunyai banyak objek wisata yang menyuguhkan pesona alam, salah satunya adalah wisata pantai. Salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan wisata pantainya adalah Banten.
Pantai Karang Taraje menjadi destinasi wisata yang patut dicoba, terutama bagi orang Banten. Pasalnya, di tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Objek wisata ini merupakan objek wisata kekinian yang sangat cocok bagi kalangan anak muda. Bagi mereka yang senang dengan fotografi, bisa dengan leluasa melakukan foto selfie karena disetiap sudut Pantai Taraje mengahadirkan panorama yang menyejukkan mata dengan nilai estetika yang tinggi.
Pantai Karang Taraje juga menyajikan pesona alam yang menakjubkan. Di pesisir Selatan Banten ini, Anda akan dimanjakan pemandangan ombak menghantam batu karang yang membentuk air terjun. Tak aneh, Pantai Karang Taraje menjadi lokasi beraktivitas fotografi yang membuat pecita fotografi menjadi betah dan nyaman.
Wisata Pantai Karang Taraje adalah sebuah obyek wisata yang terletak sekitar 38 kilometer dari Malingping, tepatnya berada di Desa Sawarna, termasuk ke dalam kompleks wisata Pantai Sawarna yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Hamparan bebatuan karang tersebut menjadi keindahan tersendiri bagi para wisatawan yang rindu akan keindahan alam. Perasaan takjub dan kecewa akan bercampur aduk menjadi satu saat itu. Takjub dengan apa yang disajikan alam, dan kecewa karena kita tidak bisa bermain dan berenang sesukanya, karena area sekitar pantai sebagian besar ditutupi batu karang. Dari hamparan karang membentuk lantai, hingga karang-karang besar berupa tembok-tembok tinggi penahan ombak.
Karang Taraje memang bukan sekedar nama. Nama Karang Taraje berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Karang Tangga”, rangkaian kata itu merujuk pada karang-karang besar yang menyerupai anak tangga yang berundak-undak untuk melewatinya. Obyek wisata pantai yang masih merupakan sambungan dari Pantai Ciantir dan Tanjung Layar ini memiliki banyak batuan karang di pinggiran pantainya. Aliran air dan ombaknya besar, yang memang menjadi ciri khas dari Pantai Selatan.
Pada sisi estetis dan eksotis, Pantai Karang Taraje tidak kalah gaung dengan Pantai Sawarna. Hempasan ombak menjadi daya tarik utama. Ombak pantai selatan yang tinggi cocok dengan lokasi di Pantai Karang Taraje yang dipenuhi karang. Anda akan terlindungi dari hempasan ombak yang tinggi, dan pasti memanjakan mata. Ketika Anda sudah terhipnotis suara gelegar ombak Pantai Karang Taraje, Anda harus berhati-hati karena kawasan ini terbilang rawan ombak besar dan batu karang yang licin.
Uniknya lagi, di sana banyak karang yang bolong dan diisi oleh air laut yang tersapu ombak dan membawa ikan-ikan kecil ke dalamnya. Jadi seperti melihat akuarium mini dan alami. Pemandangan ini begitu menarik perhatian para pengunjung karena disana terdapat ikan-ikan laut yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya.