Pertemuan IMF-World Bank, Agus Marto Ingin Pamerkan Daya Saing Indonesia

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyambut baik penyelenggaraan IMF World Bank Annual Meeting tahun 2018 di Indonesia. Menurutnya, dengan menjadi tuan rumah dalam forum berskala Internasional Indonesia dapat membuktikan daya saingnya di mata dunia.

“Kita sambut baik karena kita bersaing dengan dunia untuk dapat menyelenggarakan acara ini,” ujarnya di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Rencananya, forum internasional tahunan ini akan dihadiri oleh perwakilan dari 189 negara. Organisasi internasional dan organisasi sektor keuangan seperti perbankan internasional, keuangan hingga asuransi dijadwalkan akan menghadiri forum ini.

Melalui forum ini, Agus mengakui ada pesan khusus yang ingin dia sampaikan kepada seluruh dunia melalui perwakilan negara tersebut. “Di forum itu kita ingin menjelaskan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang reform, resilience dan negara yang progresif itu pesan yang mau kita angkat,” tambahnya.

Sekadar informasi, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Ketua Penyelenggara IMF-World Bank Annual Meeting. Luhut pun telah memanggil beberapa pejabat tinggi negara untuk melakukan rapat koordinasi untuk mempersiapkan hal tersebut. @SAMSUL