Pendidikan Karakter Memberikan Kepribadian Baik Pada Anak

majalahteras.com – Saat ini banyak sekali penyelewengan dan kelunturan-kelunturan terhadap pengetahuan NKRI. Kita harus paham bahwa bangsa Indonesia itu punya 4 konsesus dasar, yakni kebangsaan, Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Selama ini kita lupa bahwa di sekolah-sekolah jarang melaksanakan upacara di setiap hari senin, bahkan ada anak-anak yang sampai lupa menghafalkan Pancasila bahkan ada di sekolah-sekolah swasta itu yang tidak hafal lagu kebangsaan Indonesia,” ucap Kepala Bidang Ketenagaan dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Adolfina Nopelis.

Nopelis menambahkan, jangan sampai ada anak-anak yang tidak mau bekerja di Indonesia dan bahkan tidak mau tinggal di Indonesia. Anak harus tahu bahwa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah. Misalnya saja Raja Ampat, Bali atau bagaimana tradisi Yogjakarta dan masih banyak keindahan-keindahan Indonesia lainya, baik dari sisi budaya maupun keindahan alamnya.

“Khususnya anak muda zaman sekarang, faktanya mereka kurang mengetahui bagaimana corak dan kekhasan batik daerahnya, tetapi mereka justru lebih ingin tahu batik Malaysia seperti apa,  ini sangat keliru. Lebih baik tahu dulu yang ada di negara kita baru ingin tahu negara lainnya. Agar pengetahuan mereka seimbang tentang hal-hal secara nasional maupun internasional,” jelasnya.@JEMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *