Pemkot Kediri Siapkan Ribuan Kuota Beasiswa Sarjana

KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyiapkan kuota sebanyak 1.500 program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa perguruan tinggi strata satu atau sarjana.

Program itu terbuka untuk umum, dan pemerintah setempat tidak membatasi peruntukannya bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hanya saja, beasiswa itu dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi.

Dengan demikian, sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mendapat beasiswa itu, di antaranya menyertakan surat keterangan tidak mampu dan IPK minimal 3.

“Selain itu sekaligus syarat utamanya adalah warga Kota Kediri,” ujar Siswanto, kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kamis (14/9/2017).

Besaran beasiswa yang diberikan, sambung Siswanto, akan berbeda-beda sesuai dengan jarak lokasi perguruan tinggi yang dipilih serta biaya hidup yang dibutuhkan. Jumlah beasiswa yang diterima antara Rp 8 juta sampai Rp 20 juta.

Sejak program ini digulirkan pada 2014 lalu, hingga saat ini baru ada sekitar 700 proposal aplikasi yang masuk. Dari jumlah itu hanya sekitar 400 aplikasi saja yang lolos verifikasi penyeleksian.

Program itu hingga saat ini masih terus dibuka sehingga pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

Masyarakat menurutnya tidak perlu khaawatir karena beasiswa itu didukung penuh dari APBD.(man)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *