Pantai Nongsa, Wisata Modern Dengan Nuansa Natural

Majalahteras.com – Keindahan alam Indonesia tak kalah indahnya dengan negara-negara lain di dunia. Salah satunya destinasi wisata yang memukau hati para traveller yang berada di Batam, yaitu Pantai Nongsa. Pantai Nongsa adalah pantai yang terletak sebelah Utara Kota Batam, yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Pantai Nongsa merupakan salah satu potensi wisata alam yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kota Batam. Pasalnya, pantai yang terletak di bagian timur laut Pulau Batam ini memadukan keindahan pantai dengan nuansa kota modern.

Pantai Nongsa punya hal lain dan unik yang tidak banyak dimiliki sebagian besar pantai di Indonesia, yakni pemandangan kota Singapura pada malam hari. Pantai ini menghadap ke barat laut, karena itu Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang memukau di kala senja.

Saat senja, pudarnya mega di ufuk barat mengiringi kepergian sang surya, sementara di sebelah utara Anda akan menyaksikan gemerlap lampu-lampu gedung di Singapura mulai menyala mengganti peran matahari. Singapura pada malam hari menampilkan kerlap-kerlip dan kilau ribuan lampu kota megapolitan ala New York khas Asia Tenggara.

Di mana tampak gedung-gedung hunian dan perkantoran pencakar langit masa kini. Momen ini jangan pernah terlewat bila mengunjungi Pantai Nongsa. Lebih dari itu, mengunjungi Pantai Nongsa akan terasa natural karena lingkungan aslinya terjaga dengan baik.

Bagi pengunjung yang ingin berenang di sekitar lautnya, maupun ber-snorkeling menyaksikan panorama bawah laut, ada baiknya lebih berhati-hati karena di tempat ini belum ada penjaga pantai yang memantau wisatawan, terutama bagi para orang tua yang membawa putra-putrinya untuk bermain air.

Nama Nongsa sendiri diadopsi dari nama seorang tokoh Melayu yang pertama kali mengembangkan wilayah pesisir ini, dari lahan kosong dan tidak terurus. Oleh masyarakat setempat, kawasan ini dijuluki sebagai wilayah Nongsa Tua.

Ada yang menarik di Pantai Nongsa yaitu terdapat Pulau Putri. Pulau Putri adalah salah satu Pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Menuju Pantai Nongsa sangatlah mudah Pantai Nongsa terletak di sepanjang pesisir Kampung Nongsa, Kelurahan Smbau, Kecamatan Nongsa, Batam. Konon, Kampung Nongsa lah kampung pertama yang ada di Batam atau tempat yang dijadikan tempat tinggal pertama di daerah Batam.@Jem dari berbagai sumber