Pantai Cimaja, Surganya Peselancar

Majalahteras.com – Keindahan dan daya tarik objek wisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi memang tidak diragukan lagi. Salah satunya Pantai Cimaja berlokasi di Pelabuhan Ratu ini memiliki panorama alam yang indah dan memiliki ombak yang besar  sehingga menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Sehingga tidak heran jika  setiap tahun pantai ini kerap di jadikan ajang kompetisi surfing bertaraf internasional seperti ‘West Java Internasional Surfing Championship.

Jarak tempuh untuk mencapai objek wisata pantai ini tidak teralu jauh hanya 120 kilometer atau sekitar 2,5 jam dari Jakarta-Pelabuhan Ratu, sedangkan dari Bandung ke Pantai Cimaja cukup menempuh perjalanan 203 kilometer, pantai ini menjadi pilihan para wisatawan yang memiliki minat khusus seperti surfing, karena tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Bali atau ke Pangandaran untuk berselancar yang memakan waktu cukup melelahkan.

Saat berada di Pantai Cimaja suasana berangin cukup baik dan menyegarkan, terlihat beberapa para peselancar lokal berayun bersama ombak dengan papan seluncurnya, memang tidak seramai di musim kemarau khususnya di bulan Juni-Juli, karena dibulan tersebut ombak sangat konsisten yang banyak di buru para peselancar baik dari Jakarta dan dunia.

Sambil mendengarkan deru ombak angin pantai yang membawa sensasi rasa asin dan pantulan sinar matahari pada laut lepas yang terlihat indah, sesekali bisa bermain air laut di sisi pantai.

Untuk para wisatawan yang ingin belajar surfing, di pinggir pantai terdapat beach shack yang menawarkan surfing course dengan tarif Rp.250.000/hari, dan penyewaan surf board Rp. 15.000/hari bagi anda yang tidak bisa berselancar, tetap bisa menikmati asiknya ombak pantai Cimaja dengan bodysurfing. Tipikal pantai di Cimaja-Sukabumi ini berkarang-karang besar di tepian pantainya.

Selain menikmati keindahan dan kesegaran angin Pantai Cimaja mungkin tidak ada salahnya menengok kulinernya. Di kawasan tersebut terdapat beberapa restoran sunda dan restoran Sea Food, bahkan beberapa rumah makan seperti warung kecil banyak yang menawarkan berbagai jenis makanan seperti sate kambing yang empuk dan gurih menambah rasa lapar terobati usai berjalan menikmati keindahan Pantai Cimaja. Sayangnya akomodasi dikawasan daerah ini terbilang lumayan sepi, hanya beberapa angkutan umum yang beroperasi, karena biasanya para wisatawan menyewa motor (Rp.50.000/hari) yang disediakan oleh penginapan.

Lengkap sudah yang disajikan keindahan Pantai Cimaja yang tak terlupakan, buat para surfer pantai ini adalah surganya peselancar di kawasan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Ombak di pantai ini sungguh menggoda peselancar dalam dan luar negeri. Ditambah dengan pemandangan alam yang menyejukan mata. @YADI