NILAI TUKAR RUPIAH MELEMAH

http://majalahteras.com/-Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali melemah karena memang dilar AS melanjutkan penguatannya. Kini rupiah berada di level 13.312 per dolar AS pada perdagangan pukul 12.00 WIB. Level tersebut melemah jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di angka 13.249 per dolar AS maupun jika dibandingkan dengan penutupan pekan lalu yang ada di angka 13.245 per dolar AS.

Sepanjang pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.242 per dolar AS hingga 13.349 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih mampu menguat 3,47 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Date (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.323 per dolar AS. Patokan tersebut melemah jika dibandingkan dengan patokan pada pekan lalu yang ada di angka 13.2500 per dolar AS.

Dalam seminggu ini, dolar AS terus menguat. Penguatan dolar AS terjadi karena adanya keyakinan dari investor bahwa kemungkinan besar Bank Sentral AS akan menaikkan suku bunga pada tahun ini karena membaiknya data ekonomi AS.

“Data ekonomi yang baik mengangkat dolar AS pada pekan ini,” jelas Chief Executive Officer FPG Securities Co, Tokyo, Koji Fukaya. Selain itu ada juga beberapa sentimen lain yang mendorong penguatan dolar AS.

Akan tetapi dalam jangka menengah justru ruang penguatan rupiah masih terbuka lebar. Rencana pemerintah memangkas harga BBM pada akhir Maret 2016 diperkirakan mampu mengembalikan ekspektasi inflasi rendah yang juga akan membantu meredakan tekanan pelemahan rupiah.