Menikmati Kekayaan Bawah Laut Pulau Pahawang

http://majalahteras.com/-Anda suka snorkeling? Pulau Pahawang dapat menjadi pilihan hobi anda menikmati keindahan bawah laut.

Pulau Pahawang ramai dikungjungi baik wisatawan lokal maupun manca negara, karena objek wisata satu ini memiliki pantai yang bersih dan alam asri. Masyarakat disekitar Pahawang sadar akan kebersihan lingkungan di sekitar Pulau Pahawang dan menjaga terumbu karang serta ikan Nemo.

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

Open Trip Pulau Pahawang memiliki spot-spot snorkeling di sana masih sangat bagus dan masih alami terumbu karangnya dan ikan-ikan laut serta masih banyak juga ikan Nemo.

Berwisata ke salah satu primadona baru objek wisata Pulau Pahawang ini dapat menikmati sensasi snorkeling sambil menyaksikan pesona terumbu karang dan binatang laut. Wisatawan yang datang dapat menikmati pesona wisata bahari dengan pantai pasir putih dan pemandangan alam perbukitan serta aktivitas nelayan dan warga di sekitarnya.

Pemandangan alam bawah laut di Pulau Pahawang dan sekitarnya masih alami sehingga menjadi sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang dan sekitarnya setelah berkeliling, menyelam dan snorkeling, umumnya menyatakan puas karena dapat menikmati pesona alam sekitar pantai dan pulau-pulau itu. Pemandangan alam bawah laut di sini, airnya jernih dan terumbu karangnya masih terawat alami dengan baik, sehingga banyak ikan hias dan binatang laut dapat dilihat dan ditemukan.

Selain itu, pada beberapa spot lokasi berenang dan snorkeling juga dipenuhi ubur-ubur jeli (jellyfish) yang berukuran kecil dan kerap menempel di badan sehingga menimbulkan rasa gatal.
Ubur-ubur jeli itu pun banyak dan bisa dilihat saat snorkeling di Pulau Kelagian, Pahawang Lunik (Kecil) maupun Pahawang Besar. Tapi paling banyak populasinya di sekitar Pulau Kelagian.

Di Pulau Pahawang Kecil terdapat satu jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Tanjung Putus menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus hanya dapat terlihat saat air laut surut, sementara saat pasang akan terendam air. Kawasan Tanjung Putus juga merupakan salah satu spot menyelam favorit bagi para pengunjung.

Pulau Pahawang Kecil dapat ditempuh kurang lebih sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar. Kebanyakan para pengunjung menginap di penginapan Pulau Pahawang Besar karena di pulau tersebutlah sebagian besar penduduk setempat tinggal. Disarankan, sebaiknya membawa makanan dan minuman bila akan berkunjung ke pulau ini untuk bekal selama di perjalanan.@TRESNA/YANTO