Menikmati Alam Gunung Pancar

Berada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wisata alam gunung pancar bisa menjadi alternatif liburan anda bersama rekan kerja, keluarga atau sahabat anda. Gunung Pancar  terletak pada ketinggian 300–800 m dpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal dengan kemiringan sekitar 15 sampai dengan 40 persen.

Di sini anda bisa menikmati waktu untuk melakukan photography, hiking, berkemah, relaksasi di pemandian air panas atau berkuda, semua fasilitas tersebut telah disedikan oleh pengelola wisata. Untuk anda yang ingin mengadakan pertemuan kantor atau rapat dengan suasana alam yang sejuk nan asri, pengelola wisata di kawasan ini juga menyediakan fasilitas seperti penginapan dan ruang pertemuan.

Suhu udara di Gunung Pancar ini sangat sejuk, karena Gunung Pancar termasuk ke dalam tipe iklim  dengan curah hujan cukup tinggi. Suhu udara rata-rata pada malam hari mencapai 24 °C dan 33 °C pada siang hari.

Di sini, kita bisa menikmati vegetasi hutan alam seperti beringin, puspa, jamuju, paku tanduk rusa, paku sarang burung, rotan, anggrek, meranti dan aneka vegetasi lainnya.

Tidak hanya beragam jenis vegetasi hutan saja, jenis-jenis satwa yang ada di gunung pancar juga mempunyai jenis yang beraneka ragam. Ada owa jawa, monyet kera, babi hutan, ayam hutan merah, jalak dan enggang.

Menuju lokasi gunung pancar terbilang cukup mudah. Dari arah pintu tol sentul menuju Desa Karang Tengah hanya berjarak kurang lebih 13 Km atau memakan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

@samsul