Menelisik Keindahan Mercusuar Anyer

Majalahteras.com – Bicara soal wisata, Banten memiliki banyak pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata air, wisata alam, hingga wisata yang memacu adrenalin dapat kita kunjungi jika kita ingin menghabiskan waktu berlibur di Banten. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Anak Gunung Krakatau, hamparan pasir putih di daerah Anyer, hingga pulau-pulau eksotik merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Banten. Berbagai pilihan wisata tersebut tentunya memiliki daya tarik masing-masing. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kita berada di Banten, yaitu Mercusuar Anyer.

Mercusuar terletak di Kampung Bojong, Cikoneng,  Anyer Kabupaten Serang. Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan zaman penjajahan yang masih bertahan hingga sekarang. Bangunan yang memiliki tinggi 75 meter ini memiliki sekitar 250 anak tangga dan delapan belas lantai. Setiap lantai memiliki jendela yang tidak dapat dibuka, namun ada satu lantai yang jendelanya dapat dibuka. Bangunan Mercusuar ini diyakini sebagai titik nol atau titik awal pembangunan jalan Anyer-Panarukan.

Mercusuar sebenarnya difungsikan sebagai petunjuk bagi kapal-kapal yang sedang berlabuh di sekitar perairan Banten. Akan tetapi, kini Mercusuar memiliki fungsi tambahan, yakni menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan jika akhir pekan. Kini tak sedikit pengunjung yang datang ke Mercusuar untuk mengabadikan moment keindahan hamparan laut dari atas Mercusuar. Ketika kita berada di atas Mercusuar, mata kita seakan dimanjakan oleh keindahan perairan Anyer.

Untuk menuju lokasi, jarak yang ditempuh tidaklah jauh, dari Kota Cilegon misalnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju lokasi. Selain itu, tiket masuk ke lokasi ini terbilang murah, hanya dengan merogoh kocek Rp 5000 Anda sudah dapat menikmati segala fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

Di sekitar area Mercusuar terdapat berbagai jenis penginapan, dari mulai hotel, villa, dan wisma. Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama agar bisa menikmati sunrise atau sunset di lokasi ini, Anda beserta keluarga atau pun kawan-kawan dapat menyewa penginapan yang ditawarkan di area Mercusuar. @NIKO/SAMSUL