Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Majalahteras.com – Tidur tanpa bantal ternyata memiliki beberapa manfaat yang tak terduga, walau sebagian orang enggan melakukannya. Padahal, bantal yang digunakan untuk tidur dapat memicu munculnya ketegangan pada leher, bahu, juga kepala lho.

Nah, bikin penasaran memang apa sebenarnya manfaat menyingkirkan bantal dari kepala saat tidur. Dilansir laman Boldsky, berikut ini informasinya untuk Anda:

Cegah sakit dan ketegangan di punggung

Orang yang mengalami sakit dan ketegangan di punggung kadang tak menyadari bahwa itu dipicu oleh pemakaian bantal yang tak tepat. Cobalah untuk tidur tanpa bantal selama beberapa hari. Dokter menyatakan bahwa kebiasaan itu akan membantu punggung beristirahat dalam posisi alami tulang tubuh.

Leher nyaman

Leher dan tulang leher pun akan memperoleh posisinya yang alami, serta menjadi lebih nyaman jika tanpa bantal. Sirkulasi darah di daerah tersebut juga akan lebih lancar, sehingga terhindar dari ketegangan dan kaku leher.

Cegah keriput

Alasanya, karena tanpa bantal maka tak terjadi gesekan antara kulit di pipi, daerah mata, dengan kain dan bantal. Jika dibiasakan maka keriput pun dapat dicegah.

Nyenyak

Kualitas tidur disebut-sebut akan bertambah jika Anda tidur tanpa bantal. Ini karena tubuh rileks, tak terjadi tegang di tulang leher dan punggung serta bahu.

Akan tetapi, kebiasaan tidur dengan bantal yang telah bertahun-tahun kadang membuat orang enggan dan sulit meninggalkan hal itu. Untuk membiasakan diri, pertama jangan langsung singkirkan bantal Anda melainkan bertahap gunakan bantal yang tipis untuk tidur.

Setelah terbiasa dengan bantal tipis, maka Anda bisa coba tidur tanpa bantal agar tulang leher dan punggung menyesuaikan diri. Usahakan agar posisi bahu dan leher sejajar, saat memakai bantal tipis. Jadi bukan leher mendongak karena bantal yang tebal. Selamat mencoba dan rasakan perubahannya. (net/jems)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *