Manfaat Minyak Ikan

TUBUH manusia tak mampu memproduksi omega-3. Karenanya, demi menjaga kesehatan perlu ada asupan tambahan yang mengandung omega-3.

Salah satunya omega-3 terdapat pada minyak ikan. Baik itu berbentuk suplemen atau ikan salmon dan tuna. Lantas apa sebenarnya manfaat dari omega-3?

Meski sumber omega-3 biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Perlu diketahui, bahwa omega-3 punya banyak manfaat lebih bernilai dari uang yang Anda bayar.

Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 menawarkan sejuta kebaikan bagi kesehatan. Termasuk diantaranya menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki pembekakan pada sendi dan juga peradangan akut pada sendi.

Kemudian, banyak penelitian membuktikan bahwa omega-3 mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Lalu pasien penyakit jantung juga bisa sembuh jika rutin mengonsumsi minyak ikan.

Meski demikian, konsumsi minyak ikan sebaiknya tidak berlebihan. Jika terlalu banyak dikonsumsi, hal itu dapat menyebabkan risiko pendarahan pembuluh darah, terutama jika Anda juga mengonsumsi obat pengencer darah.

Dikutip Yahoo, Kamis (10/11/2016). Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan berupa suplemen adalah sekira 3 gram sehari. Kemudian dalam bentuk makanan alami seperti ikan tuna atau salmon adalah tiga sampai empat kali dalam satu pekan.