Manfaat Kesehatan Tersembunyi di Balik Bumbu Sayur Asem

Majalahteras.com – Jakarta siapa tak kenal sayur asem? Sajian khas Indonesia ini kerap hadir di meja makan bersama dengan ikan asin, sambil, dan nasi. Rasanya yang gurih dan sedikit asam terasa segar dan nikmat bila dikonsumsi saat makan siang. Bicara mengenai sayur asem, kira-kira apa ya manfaatnya bagi kesehatan?

Buah asem yang menjadi salah satu bumbu utama sayur asem jelas memiliki manfaat kesehatan. Dilansir dari KlikDokter, dr. Muhammad Anwar Irzan menuliskan bahwa banyak orang yang menggunakan asem untuk pengobatan konstipasi, gangguan liver, serta gangguan lambung lainnya. Selain itu, buah asam juga dianggap bisa menyembuhkan batuk dan demam.

Buah asem sendiri memang miliki fungsi terkait masalah kesehatan di atas. Buah asem miliki efek laksativa atau pencahar yang bisa melancarkan pencernaan. Tak sampai sana, buah tersebut juga punya efek antimikroba seperti jamur dan bakter.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak asam miliki manfaat untuk mengobati mata yang kering. Hal tersebut dikarenakan, senyawa kimia yang dimiliki oleh buah asem seripa dengan cairan mucin yang dimiliki oleh mata.

Sebuah sudi lainnya pun menyebutkan bahwa produk olahan makanan yang berbahan dasar asem bisa menurunkan gula darah pada penderita diabetes. *****