Makanan untuk Rambut Sehat

heatlhKesehatan rambut bukan hanya penting bagi wanita, tapi juga bagi pria. Perawatan rambut secara intensif tentu berperan menjaga kesehatan rambut. Namun, mengonsumsi makanan sehat dan tepat akan memaksimalkan kesehatan rambut Anda. Berikut sembilan sumber makanan yang penting dikonsumsi agar rambut sehat dan membuat Anda tampil percaya diri.

Salmon untuk rambut berkilau

Ikan seperti salmondan sarden dikemas dengan asam lemak omega 3 yang sehat. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi lemak sehat ini, sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan atau suplemen. Konsumsi ikan ini akan membantu melindungi Anda dari penyakit, tak hanya itu, tubuh juga membutuhkannya untuk menumbuhkan rambut dan menjaga tampilan rambut berkilau dan tebal.

Yogurt untuk pertumbuhan rambut

Yogurt mengandung protein dan memiliki kandungan yang membantu aliran darah ke kulit kepala, untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan ini disebut vitamin B5, yang juga dikenal sebagai asam pantotenat. Vitamin B5 ini juga dapat meminimalisir kerontokan dan kebotakan rambut. Asam patotenat biasanya juga terkandung dalam produk perawatan rambut.

Bayam untuk mengatasi rambut rapuh

Seperti layaknya sayuran berdaun hijau gelap, bayam mengandung nutris yang menakjubkan. Memiliki banyak vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. Kandungan tersebut bekerjasama untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan helaian rambut. Bayam juga menjaga kondisi rambut tetap lembab, sehingga tak mudah patah. Pilihan sayuran hijau lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk rambut adalah kale.

Jambu untuk emngatasi rambut patah

Buah tropis ini diperkaya vitamin C, yang mampu menjaga rambut pataha. Segelas  jambu mengandung 377 miligram vitamin C. Jumlah ini empat kali lipat dari kandungan minimal yang harus dikonsumsi per harinya.

Ayam untuk menjaga ketebalan rambut

Ketika Anda tak mendapat cukup asupan protein, pertumbuhan rambut akan berhenti. Ketika rambut mulai berhenti tumbuh dan rambut yang ada mulai  terlepas dari dari kulit kepala, maka terjadilah kerontokan. Untuk mendapatkan protein dari daging, ayam adalah pilihan yang baik, karena kandungan lemak jenuhnya lebih sedikit dibanding daging sapi atau daging kambing.

Ubi untuk mengatasi rambut kering dan kusam

Rambut Anda kering dan tak berkilau? Ubi dengan kandungan antioksidannya yang disebut beta  karoten akan membantu mengatasi masalah rambut Anda. Tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang mampu mengatasi rambut kering, kusam dengan mendorong kelenjar di kulit kepala memproduksi sebum. Inilah yang akan melindungi rambut dari kekeringan. Anda dapat menemukan beta karoten pada makanan berwarna oranye, seperti wortel, labu, melon, dan mangga.

Kayu manis untuk sirkulasi kulit kepala

Taburkan bubuk kayu manis dalam sajian sereal, roti, atau kopi yang akan Anda konsumsi. Kandungan pada kayu manis akan melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Inilah yang akan membawa oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Telur untuk pertumbuhan rambut

Kebutuhan protein dan zat besi akan terpenuhi dengan mengonsumsi telur. Diperkaya dengan vitamin B yang disebut biotin, yang mampu membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin B akan memicu rambutrontok. Biotin selain bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, jugga bermanfaat memperkuat kuku yang rapuh.

Tiram untuk rambut lebat

Kaya kandungan seng, yang membantu pembentukan sel-sel baru untuk pertumbuhan rambut. Ketika kebutuhan seng dalam  tubuh tak tercukupi, Anda akan mengalami kerontokan, bukan hanya pada rambut kepala, tapi juga pada bulu mata. Anda dapat mengonsumsi daging, kepiting, dan lobster untuk mendapatkan asupan seng.