“Ketemu” Buaya di TB Tanjung Pasir

Majalahteras.com –  Terletak bagia utara Tangerang tepatnya di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Taman Buaya Tanjung Pasir adalah sebuah penangkaran buaya yang telah menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Tangerang. Taman wisata ini dibuka  sejak tahun 2002. Lokasi berada di sebelah kanan jalan, tepatnya di Jl. Raya Tanjung Pasir Km 29.

Dengan adanya Sebuah patung buaya berukuran besar yang terletak 20 m dari tepi jalan, di tengah-tengah jalan masuk dan jalan keluar Taman Buaya Tanjung Pasir yang lebar menjadi ciri khas taman buaya ini.

Loket pembayaran berada 150 m dari patung buaya, dengan halaman parkir sangat luas berada di sayap kiri kompleks Taman Buaya Tanjung Pasir ini. Lokasi kolam-kolam buaya masih 200 m lagi dari loket, dan mobil bisa masuk ke dalam hingga di area sekitar tepian kandang buaya.

Pengunjung bisa melihat dari seluruh tepian kandang tanpa perlu khawatir terkena panas matahari, karena di sekeliling kandang dinaungi oleh atap peneduh, dengan beberapa tempat duduk sederhana untuk sekadar melepas lelah sambil menikmati suasana.

Kini Taman Buaya Tanjung Pasir sudah memiliki lebih dari 500 ekor buaya. dari yang masih kecil sampai yang berumur 40 tahunan. Hanya sedikit buaya yang bisa berumur 70 tahun lebih. Jika tidak berendam di dalam air, buaya biasa berjemur di tepian kolam. Sebuah kolam dangkal dengan permukaan kering cukup luas di Taman Buaya Tanjung Pasir berisi puluhan buaya kecil yang berumur beberapa minggu. Ada pula kolam lain yang berisi buaya muda yang belum lama ditetaskan.

Selain melihat buaya, anda juga dapat membeli produk buaya seperti tas dan dompet kulit buaya, membeli telur buaya bahkan mencicipi daging buaya. Daging buaya bisa dimasak atau dibuat sate dan dapat dinikmati oleh pedagang  di rumah makan  seberang jalan.

Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan salah satu penangkaran buaya yang tersebar di atara kota lainnya, seperti di Balikpapan, Medan, Cikarang, Subang, Serang, Pekanbaru dan beberapa kota lainnya, sehingga Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kulit buaya yang cukup besar.

Penangkaran Buaya Tanjung Pasir merupakan tempat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Tangerang. Hanya berjarak 2 km pengunjung bisa menikmati Pantai Tanjung Pasir. @DEA ANISAA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *