Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal

vemale1Aktivitas atau kebiasaan ini sering kita lihat dilakukan oleh para ayah. Dan ternyata kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan ginjalnya. Apa saja sih?

Lupa Minum Air Putih

Saking sibuknya bekerja atau beraktivitas di luar ruangan,suami seringkali lupa minum banyak air putih. Padahal, air putih merupakan cara paling ampuh dan mudah untuk menghindari penyakit ginjal. Untuk menyiasatinya, kita bisa memberikan botol minum praktis yang bisa dibawa-bawa oleh suami sehingga dia nggak luput untuk minum air putih.

Minum Sembarang Obat

Laki-laki umumnya malas berobat ke dokter, mungkin salah satunya termasuk pasangan kita. Mereka lebih senang mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Padahal, meminum sembarang obat secara berkepanjangan bisa menimbulkan masalah pada ginjal. Beberapa obat yang nggak “ramah” untuk ginjal adalah obat pereda sakit kepala, nyeri sendi, dan obat rematik. Daripada berisiko, lebih baik ajak suami untuk ke dokter saat sakit, ya!

Suka Makanan Manis dan Berlemak

Makanan manis akan membuat kadar gula darah tinggi sehingga yang menyebabkan penyakit diabetes. Sedangkan makanan berlemak terbukti bisa bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang menimbulkan risiko tekanan darah tinggi. Padahal, kedua penyakit ini merupakan beberapa penyebab yang bisa menimbulkan penyakit ginjal kronik.

Malas Olahraga

Nggak hanya penyakit ginjal, malas berolahraga akan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Mintalah ayah agar meluangkan waktunya untuk berolahraga. Nggak perlu yang berat dan mengeluarkan uang banyak, cukup dengan berlari atau bersepeda keliling kompleks rumah setiap minggu, juga bisa dijadikan pilihan.

Merokok

Kandungan nikotin dalam sebatang rokok, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan merusak organ-organ penting di dalam tubuh, termasuk ginjal. Apalagi jika Sang Suami termasuk penggemar rokok dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari. Karena itu, kita wajib mengingatkannya tentang bahaya merokok.