Jurnalistik Mengajarkan Anak Gemar Membaca

MAJALAHTERAS.Com – Pendidikan jurnalistik sangat penting bagi siswa, karena di dalam jurnalistik banyak nilai-nilai yang patut diadopsi yang berguna dalam pengembangkan karakter siswa seperti sikap jujur. Siswa jadi memiliki kebiasaan membaca dengan baik agar segala informasi tidak hanya sekedar tahu dari orang lain tetapi benar-benar membaca melalui media.

Media yang baik adalah media yang bisa membuat siswa untuk belajar lebih baik lagi terutama dalam menghadapi kemajuan IT. Sebab sekarang ini siswa perlu sekali membuka wawasan untuk melihat cakrawala dunia terutama melalui internet dan media sosial.

“Sekarang memang penggunaan internet juga penting dalam pembelajaran di kelas. Terkadang ada beberapa tugas untuk siswa yang memang harus melihat internet, baik tugas yang terkait dengan hal-hal di dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini membuat siswa bisa melihat dan membandingkan bagaimana Indonesia dengan dunia lain atau bagaimana tekhnologi kita dengan tekhnologgi di luar negeri. Hal ini membuat siswa lebih bersemangat belajarnya untuk mengejar ketertinggalan yang ada di Indonesia,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pontang, Jajat Sudrajat, M.Pd.

Jadi, pendidikan jurnalistik sangat diperlukan lebih, tidak hanya sebatas ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnalistik mengajarkan anak agar gemar membaca dari pada bermain game atau hal hal yang negatif lainnya.

Jajat menambahkan, Indonesia adalah negeri yang subur makmur, tetapi bagaimana cara mengembangkan negeri ini jangan sampai kita sebagai tuan rumah menjadi penonton. Artinya, bagaimana siswa diajarkan agar bisa memanfaatkan bahan mentah yang tersedia di alam Indonesia menjadi bahan jadi yang siap pakai.

“Pesan saya kepada anak bangsa, mudah-mudahan bisa bersaing dengan negara lain yang memang sudah maju terlebih dahulu. Mari kita belajar dengan baik, mari kita belajar dengan jujur, disiplin, semangat, untuk kemajuan negara kita.@IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *