Jurnalistik Ajarkan Siswa Bijak Bersosmed

MAJALAHTERAS.Com – Pendidikan jurnalistik sangat penting diberikan di sekolah, selain sebagai alat kontrol, pengetahuan yang ada pada pendidikan jurnalistik dirasa mampu membuat siswa memiliki benteng diri dalam menanggapi informasi di internet dan media sosial.

“Pendidikan jurnalistik menurut saya sangat penting sekali. Khususnya di sekolah terkadang siswa jika ada masalah apapun langsung di expose ke sosial media. Oleh karena itu saya selaku Kepala Sekolah harus ikut mengontrol mereka dalam bermedia sosial, untuk mengecek apakah bahawa yang mereka gunakan sopan atau tidak,” jelas Kepala Sekolah SMK Medika Insan Kreatif, Dra.Fauzannatulaila.

Fauzannatulaila menilai, bahasa yang kurang baik yang akan menimbulkan dampak negatif terhadap teman-temannya. Apalagi zaman sekarang yang serba bebas, karenanya jangan sampai kebebasan itu tidak terkendali.

Bebas tetap ada batasannya karena sekarang ada Undang-Undang IT yang mengatur semuanya. Jadi sangat penting sekali agar mereka tahu batasan, tahu juga aturan jurnalistik yang baik itu seperti apa, berita yang harus mereka sampaikan atau status yang harus mereka tulis di media social itu seperti apa.

“Saya berpesan agar generasi muda sekarang itu lebih bijak dalam menanggapi berita. Apalagi sekarang banyak berita hoaks. Kemudian juga dalam membuat status atau pernyataan di sosial media juga harus lebih santun dan bisa dipertanggungjawabkan,” pesannya.(iman)***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *