Jokowi Bakal Hebohkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan

BANDUNG – Kota Bandung, Jawa Barat, terpilih menjadi tuan rumah Karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72. Sejuta pesona siap ditebar untuk memikat wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan, sebagai acara puncak peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia yang akan digelar di Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, dalam karnaval tersebut Jokowi akan mengenakan pakaian khas Pasundan sebagai representasi kekayaan kebudayaan Pasundan.

“Sekarang lagi dirancang (pakaiannya) oleh perancang busana asal Bandung,” ungkap Teten seusai rapat persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (21/8/2017).

Teten melanjutkan, kehadiran Presiden di acara tersebut akan disambut 1.000 pelajar dan Paduan Suara dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung. Karnaval juga akan dibuka Presiden yang ditandai dengan pemukulan kentongan.

“Ownershipnya nasional. Kemarin sudah dibahas rutenya dari Gedung Sate sampai Balai Kota Bandung. Kemungkinan ada tiga panggung untuk pembuangan arak-arakan,” terang Teten.

Karnaval rencananya dimeriahkan oleh 43 kontingen dari berbagai unsur lintas budaya, komunitas, provinsi, kabupaten, dan kota, di antaranya drum band Changka Panorama Secapa TNI Angkatan Darat, anggota Pramuka, Paskibraka Jabar sebagai pembawa bendera peserta Konferensi Asia Afrika (KAA), Jember Fashion Carnival, barisan 50 pemuda pemudi berkostum harmoni nusantara, dan lain-lain.

Teten menambahkan, untuk konten pelaksanaan karnaval dan persiapan teknis, pemerintah pusat menyerahkan hal itu kepada Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung.

“Untuk kontennya kami serahkan ke daerah karena lebih tahu,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau seluruh warga mengantisipasi penutupan sejumlah ruas jalan selama pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan yang akan dimulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

“Nanti bakal ada penutupan sejumlah ruas jalan, dari Gedung Sate hingga Alun-alun Bandung serta Balai Kota Bandung, masyarakat agar mengantisipasi,” tandasnya.

Rute karnaval sendiri mengambil start dari Simpang Lima menuju Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, dan finish di Alun-Alun Kota Bandung. Ribuan peserta diperkirakan akan meramaikan karnaval ini, dengan urutan dimulai dari drum band Changka Panorama Secara TNI-AD, Kuda Kavaleri TNI AD, kendaraan media (bandros), kendaraan Presiden RI, Anoa, kendaraan para menteri, dan kendaraan antik Presiden RI pertama, Sukarno.

Setelah rombongan VVIP, diikuti iringan Paskibra, Pramuka, Sisingaan Anak, Museum Kids Care Community, Asia Africa Student, kereta kencana, lingkung seni Dangiang Galuh Pakuan, masyarakat adat Jawa Barat, pencak silat, kuda renggong Sumedang, Keraton Kapangranan Gebang Cigugur, Historia Van Bandung, dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Karnaval juga diikuti rombongan hobi dari Paguyuban Sepedah Baheula dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia. Disusul dengan parade kampung adat dan budaya yang mengetengahkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga Salawu Tasik, Kampung Adat Kuta Ciamis, Kampung Ujung Jaya Kadipaten Rancakalong Sumedang, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.(man)