Isu Lingkungan Hidup Jadi Sorotan 4 Negara Nordik

Majalahteras.com – Untuk kali ketiga, Pesta Nordik kembali digelar di Jakarta. Gelaran tersebut adalah acara tahunan yang dibentuk oleh negara-negara di Kawasan Nordik seperti Swedia, Finlandia, Denmark dan Norwegia.

Dalam Nordic Way 2017 ini, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen diperkenalkan ke hadapan publik.

Hal ini dikarenakan keduanya baru ditunjuk sebagai perwakilan diplomat di Indonesia.

“Ini pekan kedua saya berada di Indonesia. Sangat menyenangkan ada di sini dan saya harap hubungan antara Norwegia dan Indonesia terus meningkat,” kata Dubes Kaale di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (20/9/2017) pagi.

Norwegia dan Indonesia telah menjalin hubungan yang cukup lama, terutama di bidang agrikultur, minyak, gas dan perikanan.

“Kami bangga bisa bermitra dengan Indonesia. Saya harap dengan adanya saya menjadi perwakilan Norwegia di sini, hubungan dua negara bisa terus meningkat,” tambahnya.

Pada Pesta Nordik tahun 2017 ini, keempat duta besar dari negara masing-masing sangat menekankan isu lingkungan yang mengancam keselamatan bumi.

Isu Lingkungan Hidup

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan kepedulian manusia pada lingkungan.

“Negara-negara di Kawasan Nordik telah menunjukkan kekuatannya di bidang ekonomi. Banyak perusahaan yang tumbuh namun tetap memperhatikan lingkungan sekitar,” ujar Johanna.

“Untuk itu kami mengajak kalian semu untuk tetap peduli pada lingkungan. Seperti contoh kebersihan air dan udara demi kelangsungan hidup manusia terutama anak cucu kita di masa mendatang,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya.

“Saya mengucapkan selamat kepada keempat negara atas penyelenggaraan National Day tahun 2017. Mewakili pemerintah Indonesia, saya berterima kasih kepada keempat negara yang fokus pada isu lingkungan,” ujar Siti Nurbaya.

“Beberapa kerja sama yang berfokus pada isu lingkungan pun sudah sering kami bahas,” imbuh Siti Nurbaya.

Selain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam Pesta Nordik tahun ini.

Pesta ini pun semakin semarak dengan pemotongan kue bergambar bendera keempat negara. Menteri Susi dan Menteri Siti juga terlihat turut ikut serta pada sesi tersebut, bersama para duta besar negara Nordik.@IMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *